Kemendes PDTT dan Kementerian BUMN Kerjasama Bangun Desa

| Kamis, 06/12/2018 18:28 WIB
Kemendes PDTT dan Kementerian BUMN Kerjasama Bangun Desa Presiden RI Joko Widodo dan Menteri Desa PDTT Eko Putro Sandjojo. (Foto: sindonewscom)

SUKABUMI, RADARBANGSA.COM - Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) dan Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menjalin kerjasama membentuk kemitraan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes)-BUMN di Sukabumi, Jawa Barat, Kamis 6 Desember 2018.

"Kementerian BUMN bersama Kemendes PDTT membuat PT Mitra BUMDes Nusantara. Dengan adanya PT mitra kerja sama kemudian membentuk Mitra BUMDes Desa. Subsidi-subsidi akan disalurkan melalui PT Mitra BUMDes Desa. Yang penting jalan dulu, mulai dulu, nanti akan terus dibantu," kata Menteri Eko Sandjojo.

Pembentukan BUMDes Nusantara tersebut berbarengan dengan sosialisasi Kerjasama dan Pembentukan Pertashop dan BUMNShop dalam Mendukung Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa.

Menurut Eko, dengan keberhasilan BUMDes, pemerintah akan mengirim kepala desa ke luar negeri guna memperdalam pengetahuan terutama terkait membangun desa. "Tahun depan, akan kirim kepala desa dan pendamping desa untuk belajar ke luar negeri,” katanya.

“Tolong sukseskan program yang dicanangkan (Pertashop dll) karena keberhasilan di Sukabumi akan dijadikan contoh bagi daerah lain. Saya dan Bu Rini dapat perintah langsung Sukabumi wajib diperhatikan," jelasnya.

Tags : Kemendes PDTT , BUMDes ,