Menaker: Generasi Muda Harus Belajar dari Kasus Nokia

| Minggu, 16/12/2018 18:03 WIB
Menaker: Generasi Muda Harus Belajar dari Kasus Nokia Menteri Ketenagakerjaan RI, Muhammad Hanif Dhakiri. (Foto: Tribun)

PATI, RADARBANGSA.COM - Menteri Ketenagakerjaan (Menaker), M Hanif Dhakiri mengatakan, Perkembangan teknologi dan informasi telah mempengaruhi perubahan model bisnis dan pekerjaan.

Menaker Hanif, meminta generasi muda agar belajar dari kasus Nokia. Perusahaan denna tagline ‘Connectiing People’ ini pernah mendominasi pasar teknologi dan informasi global, khususnya handphone.

Bahkan Dominasi Nokia di pasar global sempat membuatnya dijuluki "Hp Sejuta Umat." Namun, dalam 3 tahun saja (2009-2011), saham Nokia anjlok hingga 80%.

Menaker menuturkan, CEO Nokia saat itu, Jorma Ollila, berkata bahwa perusahaannya selalu berpegang teguh pada visi misinya selama bertahun-tahun. 

"Oleh karena itu, responsif kita terhadap perubahan menjadi penting, agar kita tetap bisa bersaing menghadapi perubahan-perubahan yang terjadi," kata Menaker Hanif Dhakiri di Pati, Jateng, Minggu 16 Desember 2018.

Menurut Hanif, keterampilan atau skill harus terus diasah dan ditingkatkan agar relevan dengan perkembangan zaman, "Kalau kita merasa hebat kemudian tidak responsif terhadap perubahan kita akan segera lewat," katanya.

Tags : Nokia , Hanif Dhakiri , Generasi Muda ,

Berita Terkait