Dari Merak Hingga Pasuruan Tersambung Tol, ini Rincian Biayanya

| Selasa, 18/12/2018 18:28 WIB
Dari Merak Hingga Pasuruan Tersambung Tol, ini Rincian Biayanya Tol Cipali. (Foto: beritabarometercom)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Tol Trans Jawa dari Merak Banten hingga Pasuruan Jawa Timur bisa digunakan sepenuhnya saat liburan Natal dan Tahun 2019. Lalu, berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk menyusuri tol tersebut?

Direktur Operasi II jasa Marga Subakti Syukur menjelaskan, total panjang tol Trans Jawa tersebut adalah 901,03 Km. Tol ini dioperasikan oleh beberapa Badan Usaha Jalan Tol (BUJT).

Dia menyebut, tarif untuk kendaraan golongan I dari Tol Jakarta-Cikampek hingga Pasuruan ialah Rp512 ribu. Kemudian jika disambung sampai Merak maka total biayanya Rp575 ribu.

"Total tarifnya Rp512 ribu golongan I. Jadi itu Jakarta-Cikampek sampai dengan Pasuruan. kalau ditambah Tangerang Merak Rp575 ribu," jelasnya.

Namun, lanjutnya, tarif diatas belum ditambahkan dengan beberapa ruas tol yang berfungsi secara fungsional. Sebab, tol itu belum dikenakan tarif.

Adapun tol baru yang bakal dibuka pada 20 Desember mendatang tu yakni Pemalang-Batang-Semarang, Salatiga (Boyolali)-Kartasura, Wilangan (Nganjuk)-Kertosono, dan Pasuruan-Probolinggo (Grati).

Soal tarif tol-tol baru ini, dia belum bisa mngungkapkan karena menunggu keputusan pemerintah. "Jakarta-Cikampek-Pasuruan Rp512 ribu. Tapi kalau Merak Rp575 ribu sebelum diberlakukan tarif yang tadi," ucapnya. 

Tags : Jalan Tol , Merak , Pasuruan , BUJT