Jalan Lingkar Samosir Dukung Realisasi `Bali Baru` di Sumatera

| Kamis, 07/02/2019 17:38 WIB
Jalan Lingkar Samosir Dukung Realisasi `Bali Baru` di Sumatera Bukit-bukit di sekitaran danau toba (foto: pugoid)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kementerian PUPR) tengah menyelesaikan preservasi dan pelebaran Jalan Lingkar Pulau Samosir sepanjang 123 km.

Menurut Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, penanganan jalan lingkar tersebut akan meningkatkan konektivitas dan mendukung Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Danau Toba sebagai salah satu dari 10 “Bali Baru” yang dikembangkan Pemerintah.

“Dari 10 prioritas KSPN yang ditetapkan sebagai Bali Baru, kita fokus pada empat destinasi wisata yakni Borobudur, Mandalika, Labuan Bajo, dan salah satunya adalah KSPN Danau Toba,” kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dikutip dari laman kemenkeugoid, Kamis 7 Februari 2019.

Sementara Kepala Balai Wilayah Sungai (BWS) Sumatera II Roy Pardede menjelaskan bahwa preservasi dan pelebaran jalan dilakukan melalui Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) II Medan, Ditjen Bina Marga secara bertahap sejak tahun 2016 dan ditargetkan selesai pada tahun 2019. 

“Kontrak pekerjaan ini dimulai Desember 2017 dan akan selesai Desember 2019 dengan anggaran mencapai Rp320 milia," jelasnya.

Tags : Bali Baru , Dana Toba , kemen PUPR ,

Berita Terkait