Hingga 7 Februari, Aliran Dana Asing Masuk ke RI Capai Rp49,6 T

| Jum'at, 08/02/2019 19:06 WIB
Hingga 7 Februari, Aliran Dana Asing Masuk ke RI Capai Rp49,6 T Perry Warjiyo (Gubernur BI). (Foto: infobanknews)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Kepercayaan Investor asing di pasar keuangan Indonesia terus meningkat. Bank Indonesia (BI) mencatat, aliran modal asing terus masuk ke Indonesia hingga 7 Februari 2019.

Gubernur BI Perry Warjiyo mengatakan ada aliran modal asing yang masuk mencapai Rp49,6 triliun. "Aliran modal asing yang masuk secara year to date selama tahun ini atau 7 Februari total Rp49,6 triliun," katanya di Jakarta, Jumat, 8 Februari 2019.

Perry menjelaskan, komposisi modal asing terdiri dari Surat Berharga Negara (SBN) Rp32,4 triliun, sedangkan di saham Rp15,1 triliun dan Sertifikat Bank Indonesia (SBI) tercatat Rp2 triliun.

Dia melanjutkan, tingginya aliran modal asing ke saham karena prospek perusahaan di Indonesia saat ini sedang bagus. Sehingga banyak investor asing yang tertarik menanam modal di Indonesia.

Menurutnya, saat ini yield obligasi korporasi sedang membaik. Kemudian premi risiko Indonesia membaik.

"Premi risiko membaik, obligasi menarik dan aliran modal asing yang masuk ini juga mendorong pergerakan nilai tukar rupiah terhadap dolar AS menjadi lebih kuat," terangnya.

Terakhir, Perry menyebut nilai tukar rupiah akan stabil dan cenderung menguat karena aliran modal asing yang terus masuk sehingga menambah supply valas

Tags : Bank Indonesia , Dana Asing , Investor

Berita Terkait