Wamenkeu Hadiri Rembuk Nasional Pendidikan dan Kebudayaan 2019 di Depok

| Selasa, 12/02/2019 23:22 WIB
Wamenkeu Hadiri Rembuk Nasional Pendidikan dan Kebudayaan 2019 di Depok Wamenkeu Mardiasmo (foto: Faiz/Kemenkeugoid)

DEPOK, RADARBANGSA.COM - Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu) Mardiasmo menghadiri `Rembuk Nasional Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2019` yang diselenggarakan oleh Kemendikbud di Pusat Pendidikan dan Pelatihan Kemendikbud, Depok, Jawa Barat, Selasa 12 Februari 2019.

Dalam sambutannya, Mardiasmo mengatakan bahwa ada hal baru dan strategis dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2019 yang salah satunya adalah mengenai penajaman anggaran pendidikan yakni dengan penguatan Value for Money.

"Kita ingin bagaimana membangun SDM yang berkualitas, punya tingkat produktivitas tinggi, punya daya saing yang tinggi dengan penguatan value for money," kata Mardiasmo.

Mardiasmo menjelaskan bahwa anggaran pendidikan pada tahun 2019 sebesar Rp492,5 Triliun. Anggaran ini dirinci melalui belanja pusat sebesar Rp163,1 triliun, belanja transfer daerah sebesar Rp308,4 triliun, dan melalui pembiayaan sebesar Rp21 triliun.

Mardiasmo juga menjelaskan bahwa ada beberapa kebijakan dan terobosan baru pada APBN 2019 lainnya adalah tax expenditure, pooling fund bencana alam, percepatan pembangunan infrastruktur melalui skema KPBU AP, dan percepatan pembangunan di tingkat kelurahan melalui Dana Alokasi Umum (DAU) Tambahan.

Tags : Kementerian Keuangan ,

Berita Terkait