Kemnaker Gelar The 20th CBM ASEAN-OSHNET di Yogyakarta

| Selasa, 26/03/2019 18:15 WIB
Kemnaker Gelar The 20th CBM ASEAN-OSHNET di Yogyakarta Kemnaker menyelenggarakan The 20th Coordinating Board Meeting ASEAN-OSHNET yang dihadiri 250 peserta pada 26-27 Maret 2019 di Grand Dafam Rohand, Yogyakarta. (Foto: twitter @KemnakerRI)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) menyelenggarakan `The 20th Coordinating Board Meeting (CBM) ASEAN-Occupational Safety and Health Network (OSHNET) di Grand Dafam Rohan, Yogyakarta. Kegiatan tersebut berlangsung mulai tanggal 26-27 Maret 2019.

CBM ASEAN OSHNET merupakan rapat yang dilaksanakan setahun sekali secara bergilir di antara negara ASEAN guna mengumpulkan dan penyebaran informasi, penelitian dan pelatihan untuk meningkatkan lingkungan dan kondisi kerja di ASEAN.

Kegiatan ini dibuka oleh Sekretaris Direktorat Jenderal Pembinaan Pengawasan Ketenagakerjaan dan K3, Budi Hartawan. CBM dihadiri oleh 10 Negara Anggota ASEAN, plus three country (Jepang, China, Korea) serta organisasi international (ILO, IALI dan APOSHO).

Pada pelaksanaan The 20th Coordinating Board Meeting ASEAN OSHNET kali ini, Indonesia akan menjadi tuan rumah sekaligus chair pada pertemuan tersebut. Penyelenggaraan kali ini merupakan yang ketiga bagi Indonesia sebagai tuan rumah, setelah CBM pertama pada tahun 2000 dan ke sebelas pada 2010.

Negara anggota ASEAN telah mengakui OSH sebagai bagian terpenting dalam membangun komunitas ASEAN dan OSH telah dinyatakan sebagai salah satu bifang yang menjadi prioritas kerjasama regional sejak tahun 2006. Rencana kerja ini menguraikan 20 project dan aktivitas dengan tema memperkuat pengawasan ketenagakerjaan, standard dan kapasitas keselamatan dan kesehatan kerja termasuk pencegahan HIV.

Selain penyelenggaraan The 20th ASEAN OSHNET Coordinating Board Meeting, Indonesia juga mendapatkan kehormatan untuk menyelenggarakan The 6th ASEAN OSHNET Conference yang akan dilaksanakan pada tanggal 28 Maret 2019.

Konferensi tahun ini akan dihadiri oleh 250 peserta yang terdiri dari negara anggota ASEAN, Plus Three Countries, perusahaan, akademisi, BPJS, pengawas ketenagakerjaan dan perusahaan jasa keselamatan dan kesehatan kerja.

Tags : Kemnaker RI , CBM , ASEAN , OSHNET

Berita Terkait