Tingkatkan Kualitas SDM, Ini Tantangan yang Harus Diselesaikan

| Kamis, 11/04/2019 21:26 WIB
Tingkatkan Kualitas SDM, Ini Tantangan yang Harus Diselesaikan Menkeu Sri Mulyani lantik 21 Pejabat Eselon II Kemenkeu di Jakarta (foto: Cahyo/kemenkeugoid)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani Indrawati mengatakan ada beberapa tantangan yang harus diselesaikan dalam peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) Indonesia untuk menghadapi revolusi industri 4.0.

"Pertama adalah tingginya kasus stunting. Untuk itu, Pemerintah telah mengalokasikan 5% dari APBN #uangkita untuk meningkatkan kualitas kesehatan," kata Menkeu Sri Mulyani dilansir kemenkeugoid, Kamis 11 April 2019.

Menurut Sri Mulyani, Indonesia masih memiliki berbagai persoalan kesehatan seperti stunting. Ini menjadi salah satu tantangan terbesar di Indonesia. Kami kembangkan penanganannya dibantu oleh World Bank dengan penanganan lintas institusi.

"Dalam bidang kesehatan kami juga membuat universal health coverage. Tantangan terbesar bukan dalam anggaran ataupun kebijakannya namun terletak pada eksekusinya," jelasnya.

Tantangan kedua, lanjut Sri Mulyani, yakni di bidang pendidikan, "Pemerintah saat ini mengalokasikan anggaran tertinggi dalam APBN bukan untuk militer tapi untuk pendidikan sebesar 20%," katanya. 

Ketiga, melibatkan pihak swasta agar bisa berpartisipasi dalam pendidikan. Salah satunya adalah dengan memberikan insentif seperti pengecualian pajak untuk buku literatur, insentif pajak untuk riset dan pelatihan vokasi serta dana abadi pendidikan untuk riset.

Tags : Revolusi Industri ,

Berita Terkait