Produksi Melimpah, Indonesia Ingin Ekspor Beras

| Kamis, 11/04/2019 21:58 WIB
Produksi Melimpah, Indonesia Ingin Ekspor Beras Beras Bulog. (Foto: ilustrasi)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Pemerintah sukses meningkatkan jumlah produksi beras dalam negeri selama kurun waktu empat tahun terakhir. Karena itu, Bulog menginisiasi untuk melakukan ekspor beras.

Kepala Bulog Budi Waseso mengatakan, pihaknya berencana akan melakukan ekspor beras ke sejumlah negara. Langkah ini, menurutnya, dinilai tepat mengingat stok beras nasional masuk dalam kategori cukup.

Selain itu, masa panen di sejumlah daerah masih terus berlangsung. Melimpahnya jumlah beras di gudang Bulog membuat wacana ekspor beras ke sejumlah negara di Asia makin menguat.

Sementara itu, Lembaga pangan setempat Padiberas Nasional Berhad (Bernas) Malaysia melalui Kepala Departemen Industri Penelitian dan Analisanya, Salman Muhammad mengaku tertarik menjalin kerjasama perdagangan beras dengan Perum Bulog Indonesia. Menurutnya, kerjasama ini sebagai upaya jaminan adanya ketersediaan pangan yang berkualitas premium di Malaysia.

"Sudah sejak lama kami mengetahui kualitas beras Bulog yang sangat baik ini. Sehingga kami memandang perlu dilakukan kerjasama lebih serius yang bisa memberikan banyak manfaat dan keuntungan bagi kedua negara," kata Salman dalam kunjungan kerjanya ke Indonesia beberapa waktu lalu.

Mengenai hal ini, Direktur Komersial Perum Bulog Judith Dipodiputro menyampaikan terima kasih atas kepercayaan Malaysia pada beras Indonesia. Dia menyebut, pertemuan ini penting untuk mengidentifikasi kualitas pasar beras serta membuka adanya kemungkinan peluang ekspor.

"Kita berharap Bernas dan Bulog dapat membangun kerjasama strategis jangka panjang di bidang oangan atau komoditas lain," tuturnya.

Tags : Bulog , Ekspor Beras