Peluncuran Taksi Berbahan Bakar Listrik Dihadiri Sejumlah Menteri Kabinet

| Senin, 22/04/2019 18:16 WIB
Peluncuran Taksi Berbahan Bakar Listrik Dihadiri Sejumlah Menteri Kabinet Menko Maritim Luhut B Panjaitan dan menhub Budi Karya menghadiri peluncuran taksi berbahan bakar listrik, Senin (22/4). (Foto: wartaekonomicoid)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Sejumlah menteri kabinet kerja pemerintahan Joko Widodo (Jokowi) hari ini meluncurkan taksi berbahan bakar listrik pertama di Indonesia. Taksi tersebut bakal dioperasikan oleh Bluebird.

Menteri Koordinator Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan menteri ESDM Ignasius Jonan turut hadir dalam acara tersebut. Menko Luhut menyampaikan bahwa pemerintah mendukung keberadaan mobil listrik di Indonesia.

"Insentif kita berikan karena kita ingin mendorong mobil listrik karena dampaknya besar, saya ingin lihat Indonesia maju," kata Luhut dalam sambutannya, Senin, 22 April 2019.

Dilansir dari detik.com, adapun armada yang digunakan untuk melayani penumpang Bluebird dan Silverbird adalah BYD e6 A/T dan Tesla Model X 75D Afr. Layanan taksi listrik ini mulai tersedia untuk melayani masyarakat per Mei 2019.

Luhut mengungkapkan, pihaknya menargetkan sebanyak 200 taksi listrik bakal dioperasi oleh Bluebird hingga 2020. Itu bakal berkontribus untuk mengurangi emisi CO2 sebanyak 434,095 Kg atau konsumsi BBM sebanyak 1.898.182 liter.

Sementara, Presiden Direktur Blue Bird Group Holding, Noni Purnomo mengatakan apa yang dilakukan hari ini merupakan upaya mendorong lebih banyak kendaraan umum berbahan bakar listrik di Indonesia. "Ini langkah awal, yang kami harapkan bisa menjadi katalis hijau transportasi publik. Kami terbuka untuk kerjasama platform ini," ujarnya. 

Tags : Taksi Listrik , Blue Bird , Menko Maritim

Berita Terkait