Kemnaker Beberkan Strategi Indonesia Masuki Era Industrialisasi

| Rabu, 01/05/2019 17:07 WIB
Kemnaker Beberkan Strategi Indonesia Masuki Era Industrialisasi Roostiawati (Direktur Pengembangan Pasar Kerja). (Dok Kemnaker RI)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) terus berupaya untuk memberikan perlindungan kepada tenaga kerja. Karena itu, kemnaker mendorong pentingnya setiap pekerja memiliki skill.

Untuk melindungi tenaga kerja, kuncinya pada skill. Sebab, kalau skill-nya bagus, they can protect themselves (mereka bisa melindungi dirinya). Hal itu disampaikan Direktur Pengembangan Pasar Kerja Kemnaker, Roostiawati saat menjadi pembicara dalam acara Workshop on the future work di Singapura, Selasa, 30 April 2019.

Roostiawati menyampaikan beberapa konsep dan strategi yang dilakukan Indonesia dalam memasuki era industrialisasi. Ada tiga hal yang sudah, sedang, dan akan terus dilakukan dan dijalankan.

Konsep tersebut antara lain, pertama, konsep reorientasi, revitalisasi dan rebranding (3R) Balai Latihan Kerja (BLK). Kedua, konsep triple skilling (skilling, upskilling, reskilling) untuk pembangunan sumber daya manusianya.

"Ketiga, instruktur atau tenaga pelatihannya juga harus ditingkatkan keahliannya. Sehingga kita siap memasuki era industrialisasi ini ke depan," papar Roostiawati. 

Tags : Kemnaker RI , Perlindungan Tenaga Kerja , Skill