Menkeu Optimis Pertumbuhan Ekonomi Nasional Kuartal II Lebih Baik

| Kamis, 09/05/2019 10:05 WIB
Menkeu Optimis Pertumbuhan Ekonomi Nasional Kuartal II Lebih Baik Menkeu Sri Mulyani lantik 21 Pejabat Eselon II Kemenkeu di Jakarta (foto: Cahyo/kemenkeugoid)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati optimis pertumbuhan ekonomi nasional pada kuartal II-2019 dapat lebih baik dibandingkan periode sebelumnya.

"Kalau dilihat dari komponen pertumbuhan ekonomi kuartal pertama 2019, sisi konsumsi dan investasi mestinya bisa lebih tinggi lagi. Kami masih berharap akan meningkat pada kuartal kedua," kata Sri Mulyani dikutip dari okezone.com, Kamis, 9 Mei 2019.

Dijelaskannya, untuk mendorong konsumsi pemerintah akan terus menggenjot belanja sosial sehingga konsumsi rumah tangga baik kelompok bawah maupun menengah bisa meningkat. Sebab, saat ini tengah memasuki bulan ramadhan dan hari raya.

"Belanja sosial meningkat cukup bagus, itu menolong konsumsi rumah tangga kelompok bawah. Untuk kelompok menengah kita masih berharap akan meningkat pada kuartal dua dengan adanya seasonal seperti Ramadhan dan hari raya," tuturnya.

Kemudian, terkait investasi, menurut Sri Mulyani pemerintah optimistis aktivitas di sektor ini bakal meningkat setelah pesta demokrasi di dalam negeri yang berjalan cukup kondusif. "Kami berharap sesudah pemilu investasi bisa meningkat, tentu dengan adanya kepastian politik dan kepastian dari sisi kebijakan-kebijakan yang akan dilakukan oleh pemerintah untuk memperbaiki iklim investasi," jelasnya.

"Bapak Presiden juga sudah meminta agar situasi investasi di Indonesia bisa diperbaiki," pungkasnya. 

Tags : Menteri Keuangan RI , Kuartal II , Ekonomi , Indonesia

Berita Terkait