Renovasi Terminal Bus Tipe A, Menhub Anggarkan Rp10 Miliar per Terminal

| Sabtu, 18/05/2019 08:30 WIB
Renovasi Terminal Bus Tipe A, Menhub Anggarkan Rp10 Miliar per Terminal Terminal bus tipe A Pondok Cabe, Tangerang Selatan. (Foto: bisniscom)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Kementerian Perhubungan berencana merenovasi terminal bus tipe A yang ada di seluruh Indonesia. Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan sudah menyiapkan anggaran untuk kebutuhan renovasi tersebut.

"Selama ini kami memang belum pernah mendapat anggaran. Tapi tahun depan, mungkin dapat anggaran yang memadai," kata Budi saat menghadiri kegiatan silaturahmi Kemenhub dengan Operator Bus AKAP di Jakarta, Jumat, 17 Mei 2019.

Dijelaskannya, anggaran untuk perbaikan terminal bus tipe A ini diperkirakan mencapai Rp500 miliar. "Kami harapkan dapat anggaran yang besar. Kalau Rp500 miliar, saya spreading masing-masing terminal dapat Rp10 miliar," terangnya.

Budi pun menyebutkan sejumah terminal bus tipe A yang sudah menjadi target Kemenhub untuk direnovasi. "Seperti (terminal) Jogja belum bagus, Semarang belum bagus, Surabaya belum maksimal, Tegal, dan Pekalongan itu juga perlu direnovasi. Semua perlu direnovasi," ucapnya seperti dikutip dari detik.com, Sabtu, 18 Mei 2019.

Dia melanjutkan, fokus renovasi akan dititikberatkan untuk memperbanyak fasilitas umum untuk para calon penumpang. Dia mencontohkan seperti ruang tunggu penumpang dan fasilitas toilet yang bagus.

"Jadi kami berterima kasih sudah dialokasi (dana) oleh Kementerian Keuangan, karena (renovasi terminal bus) ini nantinya juga berkaitan dengan tourism," pungkasnya. 

Tags : Kemenhub , Terminal Bus Tipe A , Renovasi