Tak Terpengaruh Aksi 22 Mei, Dana Asing Masuk ke Indonesia Capai Rp1,7 T

| Kamis, 23/05/2019 21:52 WIB
Tak Terpengaruh Aksi 22 Mei, Dana Asing Masuk ke Indonesia Capai Rp1,7 T Perry Warjiyo (Gubernur Bank Indonesia). (Foto: infobanknews)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Pasca Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengumumkan hasil Pilpres terjadi aksi massa yang menyebabkan terjadinya kerusuhan pada Rabu, 22 Mei 2019. Aksi berlangsung sejak 21 Mei hingga 22 Mei 2019 lalu.

Namun, aksi kerusuhan yang terjadi tidak mempengaruhi investor asing yang ingin menanamkan modalnya di Indonesia. Pasalnya, selama 2 hari kemarin dana asing yang masuk melalui Surat Berharga Negara (SBN) mencapai Rp1,7 Triliun.

"Di pasar SBN kami mencatat di dua hari terakhir terjadi net beli asing sekitar Rp 1,7 triliun. Jadi kalau di SBN 2 hari terakhir ini memang terjadi inflow," kata Gubernur Bank Indonesia (BI), Perry Warjiyo saat konferensi pers KSSK Kementerian Keuangan di Jakarta, Kamis, 23 Mei 2019.

Menurutnya, masuknya dana asing di pasar SBN dipengaruhi ekspektasi perbaikan ekonomi Indonesia serta menariknya hasil di SBN Indonesia. Dia menjelaskan, perbaikan pasar SBN Indonesia terlihat dari yield yang semakin menurun.

Perry mengatakan, jika dilihat dari awal tahun, dana sing yang masuk ke pasar SBN Indonesia sudah mencapai Rp57 Triliun. "Sehingga bahwa inflow berlanjut menunjukkan kepercayaan pasar maupun investor asing," pungkasnya. 

Tags : Dana Asing , SBN , Perry Warjiyo

Berita Terkait