Sri Mulyani Bicara Tantangan Green Finance di Forum G-20 London

| Rabu, 26/06/2019 21:01 WIB
Sri Mulyani Bicara Tantangan Green Finance di Forum G-20 London Menkeu Sri Mulyani lantik 21 Pejabat Eselon II Kemenkeu di Jakarta (foto: Cahyo/kemenkeugoid)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani Indrawati menjadi salah satu pembicara dalam Seminar Pembiayaan yang Berkelanjutan di Negara Berkembang: Tantangan dan Kesempatan yang menjadi salah satu topik dalam pertemuan negara-negara G-20 pada Selasa, 25 Juni 2019 di London.

Dikutip dari laman kemenkeugoid, Menkeu Sri Mulyani menekankan pentingnya regulasi pembiayaan hijau (green finance) dan melihat contoh bagaimana membuat instrumen dan mengajak pihak swasta untuk bisa ikut mendorong pasar. 

Namun, jelas Sri Mulyani, green bond yang diterbitkan Indonesia belum sepenuhnya berwawasan lingkungan meskipun cukup diminati oleh pasar internasional. Dari portofolio pembelinya, 29% dibeli oleh green investor dan 71% persen dibeli oleh investor reguler.

"Meskipun cukup tinggi minat para investor internasional, dari preferensi pembeli dan dihubungkan dengan proyeknya, green bond Indonesia belum benar-benar menggambarkan sebagai green bond," jelas Menkeu.

Sri Mulyani menyadari pertimbangan manajer investasi tentang bagaimana promosinya, berapa banyak pembeliannya, dimana negara pemasarannya, instrumen apa yang diterbitkan serta yang tak kalah penting adalah stabilitas negara.

Tags : Green Finance , Sri Mulyani ,

Berita Terkait