Ekspor Menurun, Presiden Jokowi Ingatkan Menteri ESDM dan Menteri BUMN

| Senin, 08/07/2019 17:15 WIB
Ekspor Menurun, Presiden Jokowi Ingatkan Menteri ESDM dan Menteri BUMN Presiden Jokowi dan menteri kabinet kerja melakukan sidang kabinet paripurna di Istana Bogor (foto: setkabgoid)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan dan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno serta jajaran menteri kabinet kerja agar berhati-hati terutama masalah ekspor Januari-Mei 2019 ekspor menurun.

“Hati-hati terhadap ini. Artinya, neraca perdagangan kita Januari sampai Mei ada defisit 2,14 miliar dolar AS,” kata Presiden Jokowi dalam pengantarnya pasa Sidang Kabinet Paripurna di Istana Bogor, Senin 8 Juli 2019.

Dikutip dari laman setkabgoid, Sesuai data Badan Pusat Statistik (BPS), ekspor Januari sampai Mei 2019, year on year, turun 8,6. Impor Januari – Mei juga turun 9,2.

Presiden meminta agar dicermati angka-angka (defisit) itu dari mana dan kenapa impor sangat tinggi. Kalau didetailkan lagi, menurut Presiden, migas naiknya gede banget.

“Hati-hati di migas Pak Menteri ESDM yang berkaitan dengan ini, Bu Menteri BUMN yang berkaitan dengan ini, karena remnya paling banyak ada di situ,” tegas Presiden.

Tags : Presiden Jokowi ,