DPR Minta Pelaku Industri Beralih ke Pelastik Ramah Lingkungan

| Selasa, 09/07/2019 21:15 WIB
DPR Minta Pelaku Industri Beralih ke Pelastik Ramah Lingkungan Tumpukan sampah plastik. (Foto: nusabalicom)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Dewan Perwakilan Rakyat (DPR RI), meminta pelaku industri merespon penerapan cukai plastik yang telah diwacanakan oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati.

Hal itu disampaikan oleh Anggota Komisi XI DPR RI Eva Kusuma Sundari, Menurutnya,  momentum ini justru dapat mendorong pelaku industri untuk terus berinovasi dengan menciptakan produk plastik yang ramah lingkungan.

"Industri kita harapkan untuk meresponnya dengan cara kreatif.  Ini mendorong inovasi juga kan, kalau enggak dipaksa begini, inovasinya enggak akan berkembang,” kata Eva K Sundari di Jakarta, Selasa 9 Juli 2019.

Dikutip dari laman dprgoid, Eva menyarankan pelaku industri untuk mempertimbangkan dampak penggunaan plastik terhadap lingkungan,  sebagai bentuk tanggung jawab sosial dari perusahaan kepada lingkungan.

Menanggapi wacana tarif cukai plastik yang menuai pro kontra, Eva menjelaskan, sejatinya prinsip tarif cukai plastik bukan hanya untuk menambah penerimaan negara, namun bagaimana mengendalikan produksi serta konsumsi plastik.

 

Tags : Ramah Lingkungan , Industri ,

Berita Terkait