Pemerintah Siap Lelang Pembangunan 9 Bendungan di Tahun 2019

| Senin, 15/07/2019 21:10 WIB
Pemerintah Siap Lelang Pembangunan 9 Bendungan di Tahun 2019 ilustrasi bendungan Tambalang (foto: pu.go.id)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) pada periode 2015-2019 membangun 49 bendungan baru dan melanjutkan 16 bendungan periode sebelumnya.

Pembangunan 65 bendungan tersebut adalah melaksanakan Nawa Cita Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla mencapai kedaulatan pangan dan ketahanan air.

“Tahun 2019 sebanyak 9 bendungan baru akan dilelang untuk melengkapi 65 bendungan tadi,” kata Direktur Jenderal Sumber Daya Air (SDA) Hari Suprayogi, di Jakarta.

Adapun 9 bendungan yang akan dibangun tahun ini yakni Bendungan Mbay di NTT, Jenelata di Sulawesi Selatan, Pelosika dan Ameroro di Sulawesi Tenggara, Jragung di Jawa Tengah, Riam Kiwa di Kalimantan Selatan, Tiro di Nanggroe Aceh Darussalam, Budong-Budong di Sulawesi Barat, dan Tiu Suntuk di Nusa Tenggara Barat.

Menurut Hari, pembangunan bendungan baru akan dilakukan secara bertahap yakni mulai tahun 2021 hingga 2023 masing-masing sebanyak 5 bendungan setiap tahun sehingga total 15 bendungan.

“Kita akan bangun di daerah yang memiliki potensi seperti Bendungan Baliem dan Digul di Papua, Matenggeng di Kabupaten Cilacap, dan Lambakan di Kabupaten Paser,” katanya.

Tags : Bendungan ,

Berita Terkait