Menteri PUPR Basuki Hadimuljono Buka Forum Irigasi Dunia di Bali

| Selasa, 03/09/2019 20:50 WIB
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono Buka Forum Irigasi Dunia di Bali Menteri PUPR Basuki Hadimuljono (foto: pu.go.id)

NUSA DUA, RADARBANGSA.COM - Indonesia menjadi tuan rumah Forum Irigasi Dunia ke-3 dan Pertemuan Dewan Eksekutif Internasional ke-70. Acara ini digelar di Nusa Dua, Bali dari 1-7 September 2019.

Acara yang dihadiri sekira 1400 partisipan dari berbagai negara itu dibuka langsung oleh Menteri PUPR Basuki Hadimuljono President International Commision on Irigation and Drainage (ICID) Felix B. Reiders, President World Water Council Loic Fauchon dan Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardana.

Dalam sambutannya, Menteri Basuki mengatakan, tantangan dan peluang dalam bidang irigasi terus mengalami perubahan. Enam tahun lalu, saat fokus utama pertemuan WIF-1 di Turki adalah tentang ketahanan pangan.

Tiga tahun berikutnya, katanya, WIF-2 di Thailand mengangkat topik tentang manajemen sumber daya air dan merumuskan peran irigasi mendukung produksi pertanian yang berkelanjutan.

“Tahun ini dalam WIF-3 fokus baru kita adalah pengembangan sumber daya air, ketahanan pangan dan nutrisi dengan kondisi lingkungan yang kompetitif,” kata Menteri Basuki dikutip dari laman pugoid, Selasa 3 September 2019.

Menurutnya, produksi pangan diperlukan dua kali lipat pada tahun 2050 untuk memenuhi permintaan populasi dunia yang terus bertambah, sementara ketersediaan daratan dan air terbatas.

“Kita membutuhkan strategi yang kuat dan inovatif untuk memerangi kelaparan dan mengakhiri kemiskinan di pedesaan,” jelas Menteri Basuki.

Tags : Kementerian PUPR , Forum Irigasi Dunia ,

Berita Terkait