Ekspor Komoditas Pertanian Meningkat, Kementan Dinilai Sukses Berdayakan Potensi Daerah

| Kamis, 05/09/2019 14:00 WIB
Ekspor Komoditas Pertanian Meningkat, Kementan Dinilai Sukses Berdayakan Potensi Daerah Indonesia tahun ini kembali mengekspor Bawang Merah ke Thailand. (Foto: beritasatucom)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Kementerian Pertanian (Kementan) berhasil meningkatkan kualitas ekspor sehingga volume ekspor terus meningkat dalam beberapa tahun ini. Pemberdayaan beragam potensi di daerah dinilai sebagai salah satu aspek meningkatkan jumlah ekspor komoditas pertanian.

Rektor Universitas Mulawarman Kalimantan Timur, Profesor Masjaya, mengatakan, potensi itu bukan hanya komoditas pertanian. Namun juga mencakup akademisi, peneliti, pemeritah daerah, sampai petaninya.

"Itu semua pasti siap membantu pemerintah. Sebab juga akan menuju swasembada pangan. Potensi yang ada dilibatkan," ujar Masjaya yang dikutip dari sindonews.com, Kamis, 5 September 2019.

Baca Juga: Menteri Amran Sulaiman Presentasi Capaian Kerja Kementan 4 Tahun

Masjaya menuturkan, dengan pemberdayaan semua potensi daerah untuk mencapai swasembada pangan, maka terbukti, kini Kementan mampu menekan impor dan menggantinya dengan ekspor.

Mengacu pada data yang ada, tahun 2013 lalu jumlah ekspor produk pertanian Indonesia adalah 33,5 juta ton. Kemudian pada tahun 2016 mengalami dua kali kenaikan mencapai 36,1 juta ton dan 40,4 juta ton.

Setahun berikutnya, ekspor produk pertanian bertambah lagi jumlahnya yakni 41,3 juta ton. Di tahun 2018, ekspor produk pertanian mampu mengukuhkan jumlah sebesar 42,5 juta ton.

Selama peridoe 2014-2018, jumlah seluruh nilai ekspor produk pertanian Indonesia berhasil mencapai Rp1.957,5 tirliun, dengan akumulasi tambahan Rp352,58 triliun. 

Tags : Kementan , Ekspor Pertanian