Airlangga Hartarto: Kehadiran Mobil Esemka Beri Efek Ganda Perekonomian

| Jum'at, 06/09/2019 16:56 WIB
Airlangga Hartarto: Kehadiran Mobil Esemka Beri Efek Ganda Perekonomian Pabrik Mobil Esemka di Kabupaten Boyolali, Jateng (foto: setkabgoid)

BOYOLALI, RADARBANGSA.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan pabrik perakitan mobil Esemka, PT Solo Manufaktur Kreasi (SMK) di Boyolali, Jawa Tengah, Jumat 6 September 2019.

Didampingi Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko serta pejabat lainnya.

Menteri Airlangga Hartarto menargetkan kehadiran mobil bermerek ESEMKA  produksi PT Solo Manufaktur Kreasi dapat meningkatkan penyerapan komponen otomotif dalam negeri, khususnya yang diproduksi Industri Kecil dan Menengah (IKM).

“Saat ini, PT SMK telah bekerjasama dengan lebih dari 30 industri penyedia komponen otomotif lokal dan sudah melakukan persiapan untuk produksi massal,” kata Airlangga.

Menurut Airlangga, peresmian pabrik senantiasa memberikan efek berganda bagi perekonomian, seperti membuka lapangan kerja baru. “Pada tahap awal akan menyerap 300 tenaga kerja untuk satu shift. Kalau kapasitasnya nanti bertambah, tentu bertambah juga jumlah tenaga kerjanya. Ini untuk tenaga kerja lokal,” ungkapnya.

 

Tags : Mobil Esemka , Presiden Jokowi ,

Berita Terkait