Spesialis Mata: Jangan Lupa Mengistirahatkan Mata 20 Menit dari Layar

| Kamis, 26/10/2017 22:36 WIB
Spesialis Mata: Jangan Lupa Mengistirahatkan Mata 20 Menit dari Layar Ilustrasi

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Spesialis mata mengingatkan Anda yang tak bisa melepaskan mata dari layar baik itu layar gawai, laptop atau lainnya untuk mengistirahatkan mata selama 20 menit.

"Dianjurkan berhenti sebentar, 20 menit. Berhenti melihat dekat. Lihatlah yang hijau-hijau atau mengobrolah dengan rekan. Atau paling tidak menutup matalah sesaat dari layar," ujar dr. Gitalisa Andayani, Sp.M(K) di Jakarta, Kamis, 26 Oktober 2017.

Upaya ini menurut Gita demi menghindari mata menjadi lelah dan kering, hingga bisa menganggu penglihatan. Mata lelah ditandai dengan sejumlah gejala antara lain sakit kepala, mata berair, penglihatan buram atau malah ganda, serta merasa pegal di sekitar alis pelipis, dahi dan leher.

Bila mata berair, lanjutnya, biasanya karena mata kering. Gita menyarankan kita mengaplikasikan obat tetes mata atau artificial tears.

Sebelumnya, spesialis optometri bersama College of Optometry di University of Houston, Amber Gaume Giannoni, mengatakan semakin lama menatap layar, maka seseorang cenderung lebih jarang berkedip. Hal ini mengakibatkan mata kering karena berkedip membantu merangsang kelenjar digunakan untuk melembabkan mata.

Dia mengungkapkan, ada peningkatan gejala mata kering di kalangan pasien usia muda akibat terlalu lama terpapar perangkat digital. Demikian sebagaimana dilansir antaranews.com.

Tags : Kesehatan Mata

Foto Terkait