Gandrung dan Nikmatnya Kopi Osing Bikin Cak Imin Terpukau

| Kamis, 28/12/2017 22:54 WIB
Gandrung dan Nikmatnya Kopi Osing Bikin Cak Imin Terpukau Cak Imin beserta keluarga berfoto bersama penari Gandrung saat berkunjung ke Desa Wisata Osing, Kemiren, Banyuwangi (dok @ninikwafiroh)

BANYUWANGI, RADARBANGSA.COM - Kabupaten Banyuwangi adalah salah satu lokasi tepat menikmati waktu berlibur bersama keluarga. Beragam destinasi wisata terpampang dengan begitu banyak pesona yang dapat dinikmati oleh tiap wisatawan, termasuk wisata budaya.

Ya, selain potensi alam yang memukau, Banyuwangi juga dikenal sebagai daerah dengan kebudayaan lokal nusantara yang beragam. Salah satunya adalah destinasi wisata budaya di Desa Adat Kemiren. Tempat ini menyajikan nuansa budaya lokal khas suku Osing Banyuwangi.

A Muhaimin Iskandar atau Cak Imin pun dibuat kepincut dengan potensi wisata di desa ini. Cak Imin diketahui berkunjung ke Banyuwangi bersama keluarga besarnya pada Kamis 28 Desember 2017.

Tiba di Banyuwangi, Cak Imin tak langsung beranjak dari Bandara Blimbingsari. Ia terlebih dulu menikmati Green Airport Blimbingsari, makan pagi di Pendopo Kabupaten, lalu cuci muka di sumur Sritanjung, menyapa warga Banyuwangi di Mall Pelayanan Publik, jelajah Pantai Solong, Desa Apung dan Klinik Ikan di Bangsring, serta Padang Savana Baluran.

Cak Imin lalu melanjutkan perjalanan wisata ke Desa Kemiren, Banyuwangi. Di desa ini Cak Imin dan keluarga terlebih dulu menikmati sajian makan malam, tentu dengan menu khas Osing. Setelah itu Cak Imin mendapat penjelasan dari sesepuh adat Desa Kemiren tentang filosofi Gandrung dan sejumlah budaya Osing lainnya.

"Saya baru tahu kalau Gandrung ternyata artinya cinta, berarti saya Gandrung kamu ya," seloroh Cak Imin disambut gelak tawa rombongan lainnya.

Usai mendapatkan penjelasn, Cak Imin lalu menikmati suguhan tari Gandrung yang dibawakan oleh Sanggar Genjah Arum. Untuk diketahui, Sanggar ini digagas oleh seorang pengusaha perkebunan bernama Setiawan Subekti. Ahli kopi kelas internasional ini memang sangat peduli dengan pelestarian adat dan Osing.

Uniknya, markas Sanggar ini dipenuhi benda-benda kuno yang menceritakan Desa Kemiren pada masa 50 tahun lalu. Bahkan, tak jauh dari lokasi Sanggar tersebut, terdapat 7 buah rumah adat Osing berusia sekira 100 tahun yang ditata tak beraturan di lahan kurang lebih 7000 meter persegi.

Nah, di markas Sanggar tersebut Cak Imin dan keluarga dibuat terpukau oleh tarian Gandrung yang dibawakan oleh empat penari setempat. Suasana semakin istimewa kala Maestro Tari Gandrung Banyuwangi, Bu Temu, juga hadir dan membawakan sebuah lagu khusus untuk Cak Imin beserta rombongan.

Dalam kesempatan itu, Cak Imin tak canggung mengapresiasi Maestro Gandrung Banyuwangi tersebut lantaran mampu mempertahankan dan melestarikan kebudayaan Banyuwangi kendati usianya sudah cukup sepuh. "Luar biasa, Bu Temu ini legenda Banyuwangi yang istiqomah menjaga tradisi," ujar Cak Imin.

Nihayatul Wafiroh, Anggota DPR RI Dapil setempat yang turut mendampingi Cak Imin berujar, lirik lagu dan peragaan tari Gandrung penuh dengan makna yang menggambarkan kehidupan warga Banyuwangi.

”Gerakannya indah dan peragaan yang disajikan merupakan simbol aktivitas warga Banyuwangi, lalu ditutup dengan gending Kembang Menur yang sangat mempesona dan asik untuk disaksikan," kata Nihayah.

Setelah pertunjukan seni Gandrung usai, Cak Imin lalu menikmati kopi Osing. Bagi para pelancong yang berkunjung ke Desa Kemiren tentu belum afdol rasanya jika tidak mencicipi kopi Osing, atau kopi khas masyarakat Osing yang dikenal memiliki cita rasa yang begitu nikmat. "Kopinya dahsyat banget," kata Cak Imin.

Tak hanya mencicipi, setiap pengunjung juga bisa praktik langsung proses pengolahannya mulai dari menyangrai, menumbuk biji kopi, menyaring bubuk kopi sampai praktik cara penyajian kopi.

Diolah menjadi minuman kopi jenis apapun, mulai dari espresso atau robusta, rasanya pasti akan terasa lebih nikmat. Akan tetapi, karena waktu yang cukup malam, Cak Imin dan rombongan tidak bisa mengikuti proses penyajian kopi legendaris itu.

Tags : Desa Kemiren , Wisata Osing , Cak Imin

Foto Terkait