Rio Dewanto Optimis Industri Kopi Indonesia Terus Berkembang

| Minggu, 01/04/2018 20:06 WIB
Rio Dewanto Optimis Industri Kopi Indonesia Terus Berkembang Rio Dewanto (Aktor/Aktivis Kopi). (Foto: kopikini.com)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Beberapa tahun belakangan ini, Kopi telah menjadi tren tersendiri dikalangan masyarakat, khususnya anak muda. Faktanya, Kopi kini sudah menjadi salah satu gaya hidup yang digandrungi semua kalangan.

Minuman yang bercita rasa pahit itu bukan lagi dikonotasikan sebagai minuman `tradisional` yang hanya dinikmati oleh kalangan menengah ke bawah. Tapi, lebih dari itu, saat ini sudah banyak orang yang memburu racikan kopi terbaik.

Hal ini ditandai dengan kemunculan berbagai jenis coffee shop yang menjamur di seluruh pelosok Indonesia, termasuk Ibu Kota Jakarta. Aktor sekaligus aktivis kopi, Rio Dewanto menyebut, pertumbuhan industri kopi Indonesia terus menunjukkan tren positif sejak tiga tahun terakhir.

"Perkembangan kopi itu sangat pesat, apalagi jika dilihat dari tiga tahun belakangan. Sekarang saja sudah ada 3.000 kedai kopi yang tersebar di berbagai kawasan di Jakarta," tutur Rio Dewanto, seperti dikutip okezone,com, Minggu, 1 April 2018.

"Ini berarti, bahwa demand atau permintaan pasar terhadap kopi itu masih sangat tinggi," jelasnya.

Rio mengungkapkan, saat ini bukan hanya kaum pria saja yang menggemari minuman bercita rasa pahit itu, tetapi sudah merambah ke seluruh kalangan, termasuk para kaum perempuan.

"Jaman dulu perempuan minum kopi itu masih sangat jarang, kalau pun ada mereka enggak mau kopi hitam tapi pakai susu dan gula. Sekarang trennya malah mengalami pergeseran. Sudah banyak perempuan yang suka kopi item. Bahkan ibu-ibu arisan kini sudah memilih coffee shop sebagai tempat mereka berkumpul," ujarnya.

Rio juga menuturkan bahwa nafas industri kopi Indonesia sebetulnya masih sangat panjang, asalkan beberapa permasalahan penting harus segera dibenahi. Supaya industri kopi dalam negeri dapat terus berkembang hingga dikenal di kancah internasional.

"Negara kita itu merupakan salah satu penghasil kopi terbesar di dunia, tapi sayangnya kopi belum menjadi komoditas utama. Jadi masalah yang kita hadapi masih seputar konsistensi dan kualitas biji kopi itu sendiri," pungkas salah satu pemeran "Filosofi Kopi" itu.

Tags : Kopi Indonesia , Rio Dewanto

Foto Terkait