Deddy Sutomo `Guru` Bagi Dunia Seni Peran Indonesia

| Kamis, 19/04/2018 23:15 WIB
Deddy Sutomo `Guru` Bagi Dunia Seni Peran Indonesia Deddy Sutomo.

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Aktor senior Deddy Sutomo yang telah berkiprah selama belasan tahun di dunia seni peran, dianggap sebagian rekan kerja seprofesinya sebagai seorang guru. Lebih tepatnya, guru yang mengajarkan banyak hal tentang dunia seni peran di Indonesia.

Bahkan, tercatat hingga kini, sekitar 44 film dan dua sinetron telah diperankan oleh pria yang pernah memerankan sosok Panglima Besar Jenderal Sudirman itu.

Deddy Sutomo telah berkiprah sejak tahun 1970 hingga 2017, artinya hampir setengah abad hidupnya ia dedikasikan untuk dunia perfilman Indonesia. Ia mengawali profesi tersebut dari Sanggar Prathivi hingga berujung pada penghargaan sebagai `Pemeran Pria Terbaik` di ajang Festival Film Indonesia 2015.

Para rekan sejawat tak kuasa membendung air mata kesedihan, pun dengan semesta yang tak kuasa menetaskan air hujan sebagai bentuk kesedihan kembalinya sang aktor Indonesia ke peristirahatan terakhirnya. Ya, Deddy mengembuskan napas terakhirnya pada Rabu, 18 April 2018 di usia 76 tahun di kediamannya di kawasan Tangerang Selatan, Banten. Jenazah Deddy dimakamkan di TPU Tanah Kusir di hari yang sama saat ia meninggal.

"Kalau macan mati meninggalkan belang, gajah mati meninggalkan gading, Sutomo meninggalkan kita, bagi kita adalah kerja dengan kreatif. Kalau kamu ingin jadi aktor, bukan meminta, (tapi) kejar, belajar untuk itu. Itulah Deddy Sutomo," kata aktor kawakan Slamet Rahardjo seperti dikutip dari laman kumparan.com.

Tags : Deddy Sutomo , Perfilman Indonesia

Foto Terkait