Suara Gemericik Hujan Dapat Menenangkan, Benarkah?

| Rabu, 14/11/2018 06:11 WIB
Suara Gemericik Hujan Dapat Menenangkan, Benarkah? ilustrasi.

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Saat ini sebagian wilayah Indonesia telah memasuki musim hujan. Tahukah anda mengapa suara rintik hujan memberi efek menenangkan?

Bahkan, ada sebagian orang menganggap suara hujan bisa menjadi terapi untuk mengatasi depresi. Bagaimana menurut para ahli?

Seorang Psikolog bernama Emily Mendez sebagaimana dilansir dari okezone.com yang dikutip dari Health Line, Rabu, 14 November 2018 mengatakan, setaip orang pada dasarnya mengalami depresi ringan. Menurutnya, salah satu cara mengatasi kondisi tersebut yakni dengan mendengarkan suara rintik hujan.

"Hujan memiliki pola yang dapat diprediksi. Otak bakal memrosesnya sebagai suara yang tidak mengancam. Sehingga efeknya bakal menenangkan," jelas Emily.

Karena itu, tak heran rekaman suara rintik hujan menjadi salah satu media yang membantu meditasi sehingga dapat merelaksasi tubuh. Biasanya, suara rintik hujan disetel di tempat khusus untuk menyegarkan diri, seperti panti pijat maupun pusat kebugaran.

Hasil penelitian lainnya menyebutkan bahwa suara rintik hujan dapat meningkatkan kualitas tidur dan mengurangi ketegangan pada otak. Bahkan, aroma tanah basah tersiram air hujan dapat merangsang penciuman yang diterjemahkan otak dengan efek ketenangan.

Selain itu, orang yang menyukai hujan biasanya memiliki kepekaan dan selalu berpikiran positif. Itulah sebabnya suara gemericik air hujan bisa membantu mengatasi depresi. Saat tubuh lelah dan pikiran semrawut, cobalah tenangkan diri dengan mendengarkan suara rintik hujan.

Apabila diluar rumah anda sedang hujan, anda bisa memandang keluar jendela sambil menenangkan diri. Apabila kurang puas, anda bisa mandi air hujan agar beban yang dirasakan terasa lebih ringan. Namun, jangan terlalu lama bermain di bawah hujan karena akan menyebabkan tubuh bisa terserang flu. 

Tags : Suara Rintik Hujan , Psikolog

Foto Terkait