Ini Tips Sederhana Mengatasi Kecanduan Gadget pada Anak

| Jum'at, 16/11/2018 16:35 WIB
Ini Tips Sederhana Mengatasi Kecanduan Gadget pada Anak Ilustrasi. (Foto: mommyasiaid)

JAKARTA,RADARBANGSA.COM - Zaman sekarang, mustahil orangtua menghindarkan anak dari gadget. Namun, setiap orangtua wajib mengontrol penggunaan gadget pada anak.

Psikolog dan pendiri Tiga generasi, Saskhya Aulia Prima mengatakan, orangtua tak akan bisa melarang anak untuk tidak bermain gadget. Yang bisa dilakukan adalah perlahan-lahan mengurangi kecanduan anak dengan mengajaknya bermain.

"Kalau anak kita sudah adiksi, kita enggak bisa menghilangkan adiksi itu. Misalnya dia main 3 jam, lama-lama dikurangin. Kita harus kurangin pelan-pelan. Kadang-kadang yang anak gadget itu, karena orangtuanya yang enggak ngajak main anaknya, nyanyi bareng atau ngobrol bareng," kata Saskhya dilansir dari okezone.com, Jum`at, 16 November 2018.

Dia menjelaskan, orangtua diharapkan bisa menjadi contoh bagi anaknya. Kalau orangtua sering memegang gadget di depan sang anak, pasti akan ditiru olehnya.

"Sebagai orangtua harus jadi rolemodel. Kalau kita ilang anak enggak boleh main gadget, ya jangan di depan anak kita main gadget. Anak jadi lihat, lah orangtuanya main gadget, jadi dia ikut," tuturnya.

Tak hanya itu, cara lain juga bisa dilakukan seperti membuat peraturan yang ditaati bersama. Misalnya, pada ruang tertentu dilarang untuk bermain gadget.

"Misalnya di ruang makan, di ruang tidur, dan ruangan belajar free gadget. Di luar itu mungkin boleh ada. Makin lama, pelan-pelan menguranginya," jelasnya.

Saskhya menyampaikan bahwa gadget dibutuhkan untuk mencari pengetahuan. Sedangkan untuk melatih kemampuan motorik, lebih baik menggunakan permainan.

"Kalau gadget itu lebih ke pengetahuan, kalau motorik itu tidak masuk. Semua tergantung umur," pungkasnya. 

Tags : Kecanduan Gadget , Anak , Orangtua , Tips

Foto Terkait