Penting! 3 Fakta Menjaga Kesehatan Gigi yang Harus Diketahui

| Jum'at, 30/11/2018 19:11 WIB
Penting! 3 Fakta Menjaga Kesehatan Gigi yang Harus Diketahui Ilustrasi.

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Kesehatan gigi dan mulut dapat memengaruhi kualitas hidup kita. Tak hanya baik untuk kesehatan umum, tapi juga kehidupan sosial.

Namun, kesehatan gigi dan mulut seringkali dipandang sepele oleh sebagian masyarakat. Padahal, menjaga kesehatan gigi sangat penting untuk menambah kepercayaan diri.

Berdasarkan hasil riset kesehatan dasar (Riskesdas) tahun 2018 menunjukkan bahwa proporsi masalah gigi dan mulut di Indonesia masih tergolong besar dan perlu menjadi perhatian dengan tingkat persentase sebesar 57,6%. Selain itu, data ini juga diikuti oleh peningkatan persentase prevalensi gigi tetap berlubang terus mengalami peningkatan, dilihat dari Riskesdas tahun 2007 sebesar 43,4% dan 2013 sebesar 53,2%.

Fakta soal menjaga kesehatan gigi dapat dibagi dalam tiga hal, antara lain:

1. Kebiasaan penyebab gigi berlubang terbawa sejak kecil

Kemudian, data Riskesdas 2018 menyebutkan bahwa 93% anak usia dini mengalami gigi berlubang ataupun permasalahan karies gigi. Hal itu disebabkan karena kebiasaan tidak menyikat gigi secara teratur sejak kecil dan dapat terbawa hingga dewasa dan memberi dampak bagi kesehatan gigi tetap.

"Kebiasaan menyikat gigi tidak teratur sejak kecil dapat memberi dampak berlanjut. Saat usia dini, gigi susu berlubang masih ada kesempata digantikan oleh kehadiran gigi tetap, sedangkan ketika remaja hampir semua gigi telah berganti menjadi gigi tetap dan ketika sudah berlubang hingga dewasa tidak dapat lagi digantikan oleh gigi alami," jelas drg. Fanny Anduari seperti dilansir dari okezone.com, Jumat, 30 November 2018.

2. Hanya 2,8 persen masyarakat yang mengetahui cara sikat gigi dengan benar

Menurut data Riskesdas 2018 mencatat baru 2,8% penduduk Indonesia yang sudah menyikat gigi dua kali sehari secara benar pada waktu yang tepat, yakni pada pagi dan malam hari (sebelum tidur). Tiga tahapan yang perlu diperhatikan untuk cara sikat gigi yang benar, yakni: sikat gigi searah dari arah gusi ke mahkota gigi hingga seluruh permukaan gigi tersikat. kemudian, sikat permukaan kunyah gigi dengan gerakan maju mundur, dan sikat permukaan dalam gigi dengan gerakan mencungkil.

3. Pola makan modern dapat memengaruhi kesehatan mulut

Pola makan dan minum memengaruhi kesehatan gigi dan mulut. Perlu menjadi perhatian untuk menghindari makanan manis dan lengket, mengurangi cemilan di antara waktu makan, kumur air putih setelahnya. Serta, sangat dperlukan konsumsi air putih minimal 8 gelas per hari.

Tags : Kesehatan Gigi , Pola Hidup Sehat

Foto Terkait