Penting, ini Manfaat Magnesium Bagi Kesehatan Tubuh

| Rabu, 19/12/2018 20:06 WIB
Penting, ini Manfaat Magnesium Bagi Kesehatan Tubuh Beberapa makanan yang mengandung zat magnesium. (Foto: lovecare)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Magnesium adalah salah satu mineral penting yang bermanfaat bagi tubuh. Kandungan zat mineral yang satu ini juga sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia.

Untuk itu, Anda harus tahu manfaat magnesium bagi tubuh. Berikut 9 manfaat Magnesium bagi tubuh seperti dilansir dari hellosehat.com, Rabu, 19 Desember 2018, antara lain:

1. Magnesium menguatkan tulang

Magnesium adalah mineral penting yang membantu menjaga kepadatan tulang Anda sepanjang hari. Bukan hanya itu, magnesium juga berperan mengaktifkan vitamin D yang nantinya akan digunakan sebagai komposisi tulang juga bersama magnesium agar semakin kuat.

2. Membantu penyerapan kalsium

Magnesium akan membantu menyerap kandungan kalsium dalam makanan. Dengan begitu, kebutuhan kalsium dalam tubuh akan selalu terpenuhi dengan optimal. Tanpa magnesium, asupan kalsium yang tinggi dapat menyebabkan kalsifikasi (pengerasan) pembuluh darah, penyakit kardiovaskular serta batu ginjal.

Magnesium selanjutnya juga akan bekerjasama dengan kalsium untuk mencegah terjadinya osteoporosis dan menjaga kesehatan tulang

3. Mencegah Diabetes

Magnesium juga berperan penting memetabolisme karbohidrat, sehingga kadar magnesium dalam tubuh bisa memengaruhi kadar gula dalam darah.

Jika magnesium kurang, maka metabolisme gula akan terhambat dan hanya menumpuk di darah yang bisa memicu terjadinya diabetes melitus.

4. Menjaga kesehatan otot

Magnesium juga diperlukan untuk menjaga kesehatan otot, mulai dari otot jantung, hingga otot pada alat gerak.

Kadar magnesium ini harus seimbang dengan kalsium. Sebab magnesium yang akan membantu proses relaksasi sehingga otot tidak terlalu banyak berkontraksi. Terlalu banyak kontraksi bisa menimbulkan kram atau kejang otot.

5. Meredam gejala depresi

Orang yang memiliki kandungan magnesium rendah, berisiko 22% lebih tinggi untuk depresi.

Magnesium merupakan mineral yang dapat membantu menjaga fungsi otak dan mood (suasana hati). Maka itu, kadarnya yang terlalu rendah justru membahayakan kesehatan mental. Bahkan magnesium dianggap memiliki efek yang mirip dengan obat antidepresi.

6. Mengurangi keparahan gejala PMS

Bagi para wanita yang kerap kali mengalami PMS (premenstrual syndrome), mineral magnesium bersama vitamin B6 akan membantu memangkas rasa tidak nyaman yang Anda rasakan.

Mulai dari rasa kembung, kaki terasa bengkak, payudara melunak, dan perut yang sakit.

7. Memperbaiki kualitas tidur

Memiliki kualitas tidur yang baik adalah kebutuhan setiap orang. Dengan kualitas tidur yang baik, produktivitas pun akan semakin meningkat.

Nah, magnesium merupakan mineral yang berperan penting meningkatkan kualitas tidur ini dengan efeknya yang bisa membuat pikiran dan otot tenang, serta menjaga kesehatan saraf.

8. Pereda migrain

Orang yang mengalami migrain biasanya memiliki kadar magnesium yang rendah dalam darah dan jaringan tubuhnya.

Beberapa penelitian menunjukan, jika diberikan suplemen magnesium atau makanan kaya magnesium maka gejala migrain pun ikut mereda.

9. Mengurangi risiko penyakit jantung

Beberapa penelitian menunjukan bahwa rendahnya kadar magnesium bisa meningkatkan risiko penyakit jantung.

Hal ini dikarenakan magnesium memiliki sifat anti peradangan yang kuat, sehingga dapat mencegah terjadinya pembekuan darah dan dapat membantu pembuluh darah rileks menurunkan tekanan darah. Selain itu, magnesium juga berperan dalam mengontrol denyut jantung agar teratur.

Tags : Magnesium , Kesehatan Tubuh

Foto Terkait