Lebih Sehat Mana Telur Ayam dengan Telur Puyuh?

| Senin, 28/01/2019 19:21 WIB
Lebih Sehat Mana Telur Ayam dengan Telur Puyuh? Telur Ayam dan telur Puyuh. (Foto: doktersehatcom)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Telur ayam dan telur puyuh memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk tubuh. Selain itu, kedua telur tersebut juga banyak disukai oleh masyarakat.

Selain mudah diolah, bahan makanan yang berbentuk bulat-lonjong ini mengandung banyak nutrisi penting bagi tubuh. Namun, kira-kira mana yang paling sehat dan bergizi, telur ayam atau telur puyuh, ya?

Nah, kalau dari segi kandungan gizinya, kira-kira mana yang lebih sehat, ya? Yuk, kita urai satu per satu.

1. Protein

Dilansir dari Very Well Fit yang dikutip dari hellosehat.com, Senin, 28 Januari 2019, setiap 50 gram atau sekitar 1 butir telur ayam berukuran besar mengandung 6 gram protein dan 78 kalori. Sedangkan, satu porsi telur puyuh (5 butir) mengandung 6 gram protein dan 71 kalori.

Bila Anda makan satu porsi telur puyuh, ini artinya Anda mendapatkan asupan protein yang sama dengan ketika Anda makan sebutir telur ayam. Kandungan kalorinya pun hanya terpaut 7 kalori saja, sehingga tak jauh berbeda.

Bukan hanya jumlah kalorinya saja yang mirip, kandungan vitamin dan mineral pada dua jenis telur ini pun cenderung sama.

2. Kolesterol

Setiap 5 butir alias seporsi telur puyuh mengandung 5 gram lemak total, yang terdiri dari 1,6 gram lemak jenuh. Sementara itu, sebutir telur ayam ukuran besar (50 gram) mengandung 5 gram lemak total, dengan 1,5 gram lemak jenuh.

Meskipun perbedaannya tampak sedikit, kandungan lemak jenuh dalam telur puyuh tetap saja lebih tinggi daripada telur ayam. Hati-hati, lemak jenuh ini dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh Anda.

Tak cukup 5 butir, Anda biasanya akan menambahkan lebih banyak telur puyuh ke dalam setiap masakan keluarga. Karena ukurannya kecil, Anda mungkin tidak sadar bahwa Anda sudah makan banyak telur puyuh dalam sehari. Nah, hal inilah yang dapat memicu kolesterol tinggi jika tidak segera dikendalikan porsinya.

Jadi, lebih sehat yang mana?
Pada dasarnya, kedua telur ini sama-sama bermanfaat untuk kesehatan. Namun kalau dilihat dari kandungan lemaknya, telur ayam cenderung lebih sehat daripada telur puyuh.

Terutama bagi Anda yang punya kolesterol tinggi, sebaiknya batasi makan telur puyuh hanya sesekali. Apalagi karena ukurannya kecil, Anda mungkin sering tidak sadar ketika makan telur puyuh dalam jumlah yang banyak.

Supaya lebih aman dan sehat, olah telur dengan cara direbus atau cara lain yang tidak butuh banyak minyak atau margarin.

Tags : Telur Ayam , Telur Puyuh , Nutrisi

Foto Terkait