Kreatif! Posyandu di Bali Bikin Puding Hingga Nugget dari Daun Kelor

| Rabu, 24/04/2019 16:43 WIB
Kreatif! Posyandu di Bali Bikin Puding Hingga Nugget dari Daun Kelor Nugget berbahan daun kelor racikan kader Posyandu di Bali (dok Kemenkes RI)

BALI, RADARBANGSA.COM - Menteri Kesehatan, Nila F Moeloek mengunjungi Posyandu yang mengembangkan menu pemberian makan tambahan (PMT) berbahan daun kelor di dusun Mandalasari, Denpasar, Bali.

Pohon kelor menjadi perhatian khusus bagi warga Banjar atau Dusun Mandalasari, Denpasar, Bali, sebab daun kelor menjadi salah satu jenis sayuran yang murah dan tersedia di dusun Banjar ini.

Posyandu dan paud ini juga mengedukasi orangtua wali murid menggunakan daun kelor sebagai olahan pemberi makan tambahan (PMT) anak dengan berbagai macam jenis makanan.

“Awalnya berupa puding, kemudian berkembang menjadi nugget dan sup. Daun kelor merupakan makanan bergizi, murah dan mudah, karena bahannya mudah ditemukan disekitar lingkungan," kata Kepala Paud Mandala Kumara, Ni Made Sulastri, SE di sela-sela Kunjungan Lapangan Tematik bersama Kementerian Kesehatan Rabu 24 April 2019 di Denpasar, Bali.

Menurutnya, dari berbagai macam makanan tambahan yang diproduksi posyandu dan masyarakat, anak anak paling menyukai puding dan sayur sup, kemudian nugget.

Melihat kretivitas warga Bali itu, Menteri Kesehatan Nila F Moeloek mengapresiasinya. Dia berharap para kader di Posyandu dan Paud Mandala Kumara bisa membantu memerangi angka stunting di kalangan balita.

"Terus terang Indonesia kaya akan tumbuh-tumbuhan. Di jalan banyak pohon kelor. Ternyata kelor bisa meningkatkan gizi anak-anak kita. Dan kreativitas ibu-ibua mengolah daun kelor jadi jelly, nugget kelor, sayur bening patut diapresiasi. Karena anak-anak kan ingin variasi. Kita juga kalau dikasih monoton kan enggak mau," tandas Menkes Nila.

Tags : Kemenkes , Nila F Moeloek , Bali

Foto Terkait