Rifat Sungkar Sepakat Pelat Nomor Kendaraan Diganti Putih

| Selasa, 02/07/2019 18:49 WIB
Rifat Sungkar Sepakat Pelat Nomor Kendaraan Diganti Putih Ilustrasi pelat nomor kendaraan. (Foto: autonetsmagzcom)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri mulai menerapkan sistem Electronic Traffic Law Enforcement atau tilang elektronik. Penerapan sistem tersebut ternyata juga berimbas pada penggantian warna pelat nomor kendaraan.

Korlantas Polri berencana mengubah latar pelat nomor menjadi putih dari yang semula berwarna hitam. Alasannya karena identifikasi pelat nomor kendaraan melalui CCTV akan lebih mudah dengan latar warna putih.

Kebijakan yang akan dilakukan oleh Korlantas Polri ini ternyata juga didukung oleh pembalap yang juga Direktur Rifat Drive Labs (RDL) Rifat Sungkar. Dia mengatakan bahwa penggunaan warna putih jelas membantu pantauan CCTV berkat pantulan cahaya yang lebih baik.

"Belum ada kepastian mengenai bahan pelat nomor baru nantinya. Namun, penggunaan warna putih jelas membantu pantauan CCTV berkat pantulan cahaya yang lebih baik," ujarnya.

Pergantian warna pelat kendaraan ini diharapkan dapat menekan angka kecelakaan lalu lintas. Terutama, dengan adanya kesadaran para pengendara untuk tidak lagi melakukan pelanggaran lalu lintas dengan adanya pantauan CCTV.

"Penampilan pelat kendaraan baru mencerminkan wajah baru Indonesia. Terutama, dari segi peraturan lalu lintas yang sudah lama tidak melakukan perubahan," pungkasnya.

Tags : Pelat Nomor Kendaraan , Korlantas Polri , Rifat Sungkar

Foto Terkait