MUI: Menjaga NKRI Merupakan Kewajiban

| Jum'at, 13/10/2017 18:40 WIB
MUI: Menjaga NKRI Merupakan Kewajiban

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) KH Maruf Amin menjelaskan, Indonesia adalah negara kesepakatan bersama. Semua kelompok masyarakat dari berbagai kalangan berjanji untuk saling menjaga, mencintai, dan menyayangi.

“Dan berjanji untuk saling membantu dan menolong (satu sama lainnya),” kata Kiai Maruf saat memberikan sambutan dalam acara Halaqah Nasional dan Rapat Kerja Nasional Komisi Hukum dan Perundang-undangan MUI di Hotel Menara Peninsula Jakarta, Kamis, 12 Oktober 2017 malam.

Rais ‘Aam Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) itu menuturkan, sebuah negara terbentuk karena adanya sebuah ketergantungan (interdependensi) antarsatu elemen masyarakat dengan yang lainnya.

“Jika keamanannya terganggu, maka perlu tentara. Karena saling tergantung maka kita membentuk negara. Ini teori Imam Ghazali yang sudah ada seribu tahun yang lalu,” tutur Kiai Ma`ruf seperti dikutip nu.or.id.

Menurut dia, tujuan pendirian sebuah negara tidak lain adalah untuk menciptakan kesejahteraan masyarakat sebagaimana yang tercetus dalam kaidah hukum Islam bahwa apapun yang diperbuat oleh seorang pemimpin itu harus bermuara pada kemaslahatan rakyatnya.

“Kemaslahatan yang lahir tidak boleh bertentangan dengan kebangsaan dan keislaman. Pun tidak boleh bertentangan dengan nash. Kalau ada kemaslahatan yang bertentangan dengan nash, itu bukan maslahat yang hakiki tetapi dugaan saja,” terangnya.

Oleh sebab itu, dengan terbentuknya Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) maka seluruh masyarakat Indonesia harus bersyukur karena urusan dasar negara sudang diselesaikan oleh para pendiri bangsa ini.

“Meski sudah final (dasar negara Indonesia), tetapi ada kelompok yang belum memiliki komitmen penuh terhadap kebangsaan kita,” katanya.

Maka dari itu, ia menghimbau kepada seluruh pengurus MUI khususnya dan masyarakat Indonesia umumnya untuk mengawal dan menjaga kesatuan NKRI.

“Kita memiliki kewajiban untuk mengawal hubungan yang baik antara Islam dan kebangsaan. Ini tugas kita menjaga NKRI," tegas Kiai Ma`ruf.

Tags : MUI , Menjaga NKRI