Rakernas Majelis Dzikir Hubbul Wathon Lahirkan 6 Rekomendasi

| Jum'at, 23/02/2018 18:35 WIB
Rakernas Majelis Dzikir Hubbul Wathon Lahirkan 6 Rekomendasi Presiden Joko Widodo memberikan sambutan saat membuka Rakernas I Majelis dzikir Hubbul Wathon di Jakarta. (Foto: Duta.co)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Rapat Kerja Nasional I Majelis Dzikir Hubbul Wathon (MDHW) yang digelar di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta Timur, Rabu-Jumat, 21-23 Februari 2018 menghasilkan enam rekomendasi. Poin utama yang menjadi perhatian bersama yakni semangat kebersamaan dalam menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Dilansir dari nu.or.id, enam rekomendasi yang dibacakan Sekjen Pengurus Besar Majelis Dzikir Hubbul Wathon, Hery Haryanto Azumi, antara lain:

1. Islam dan kebangsaan tidak bertentangan. Sejarah mencatat kombinasi Islam dan kebangsaan menjadi kekuatan fundamental dalam upaya melawan kolonialisme. Islam dan kebangsaan justru memperkokoh persaudaraan sebangsa (ukhuwah wathoniyah) dan semangat cinta tanah air (hubbul wathon) dalam memproteksi keutuhan NKRI.

2. Sinergi ulama dan umara` harus terus ditingkatkan. Karena keduanya punya domain strategis dalam upaya membangun bangsa. Jika umara` memiliki tanggung jawab mewujudkan kesejahteraan umat, maka para ulama bertanggung jawab membangun moralitas umat.

3. Kaum Islamis dan nasionalis harus bersatu membangun bangsa. Karena membangun bangsa bukan hanya tanggung jawab satu pihak, namun diperlukan sinergi antar-seluruh elemen bangsa.

4. Kesenjangan antara kaya dan miskin harus dipersempit. Karena itu, MDHW mendorong terwujudnya kesejahteraan yang merata melalui gerakan pemberdayaan ekonomi umat.

5. Ulama harus bersatu, apapun aliran dan kelompoknya. Para ulama harus memiliki orientasi kebangsaan yang kuat. Karena ulama adalah ujung tombak persatuan umat.

6. Pendidikan pesantren harus mendapat perhatian yang sama dengan pendidikan umum lainnya. MDHW mendorong kepada pemerintah untuk mangalokasikan dana khusus untuk pengembagan kualitas pendidikan pesantren. Karena pesantren adalah tempat bersemai dan tumbuhnya pendidikan karakter bangsa sejak dini.

Tags : Majelis Dzikir , Rekomendasi , NKRI

Berita Terkait