Kiai Ma`ruf: NU Harus Perkuat ini Untuk Seratus Tahun Kedua

| Selasa, 10/04/2018 18:36 WIB
Kiai Ma`ruf: NU Harus Perkuat ini Untuk Seratus Tahun Kedua KH Maruf Amin (Rais Aam PBNU).

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Usia Nahdlatul Ulama saat ini hampir seabad atau seratus tahun. Rais Aam PBNU KH Ma’ruf Amin mengatakan, seluruh pengurus dan warga NU harus mempersiapkan diri untuk memasuki seratus tahun kedua.

“Ini menjadi penting karena akan memasuki seratus tahun kedua. Kata Rasulullah, itu harus ada mujaddid, pembaharu, NU melakukan tinggal landas,” kata Kiai Ma`ruf, seperti dikutip laman nu.or.id, Selasa, 10 April 2018.

Ketua MUI Pusat ini mengungkapkan, di seratus tahun kedua nanti, mujaddid NU harus memikirkan dan mempraktikkan bagaimana caranya bisa lebih mengabdi kepada umat dengan yang lebih besar dan luas lagi.

Oleh karena itu, NU harus melakukan penguatan landasan. Setidaknya, jelas Kiai Ma`ruf, ada empat jalur yang harus diperkuat.

“Pertama jalur dakwah untuk penguatan aqidah nahdliyah, fikrah nahdliyah, amaliyah nahdliyah,” tuturnya.

Kedua, memperkuat jalur pendidikan. Ketiga, pelayanan kesehatan dan pelayanan publik. Keempat, ekonomi, sektor keuangan riil, budi daya, maupun jasa. “Ini yang harus disiapkan dan diperkuat,” tegasnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, pendidikan di lingkungan NU merupkan hal yang sangat strategis untuk lebih diperkuat. Tiga jalur pendidikan itu di antaranya melalui LP Ma’arif, Rabithah Ma’ahid Islamiyah Nahdlaltul Ulama RMINU atau asosiasi pesantren, dan perguruan tinggi NU.

Tags : PBNU , KH Maruf Amin , Seabad NU

Berita Terkait