KH Masjkur Resmi Diusulkan jadi Pahlawan Nasional

| Selasa, 24/04/2018 16:36 WIB
KH Masjkur Resmi Diusulkan jadi Pahlawan Nasional KH Masjkur.

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Panglima laskar Sabilillah, anggota sidang BPUPKI dan PPKI, serta pemegang mandat Pemerintah Darurat Republik Indonesia untuk wilayah Jawa Timur pada saat Presiden Soekarno dan sebagian besar kabinet tertawan, KH Masjkur, resmi diusulkan sebagai Pahlawan Nasional dari Malang, Jawa Timur.

Berkas-berkas pengusulan gelar kepahlawanan telah diserahkan ke Kementerian Sosial RI di Jakarta oleh Tim Pengusul dan Peneliti Gelar Daerah (TP2GD) Kota Malang, Senin, 23 April 2018 kemarin.

Berkas diterima langsung oleh Hotman, Direktur Kepahlawanan, Keperintisan dan Kesetiakawanan Sosial (DKKKS), Direktorat Pemberdayaan Sosial Kemensos RI.

"Kami menerima berkas ini. Setelah kami teliti kelengkapannya, segera kami sampaikan ke TP2GD," ujar Hotman seperti dikutip dari laman nu.or.id, Selasa, 24 April 2018.

Hadir dalam penyerahan berkas ini sejumlah anggota TP2GD Kota Malang yang dipimpin oleh Prof Dr Kasuwi Saiban, Sekda Kota Malang Wasto, TP2GD Provinsi Jatim, serta sejumlah tokoh masyarakat dan ulama Jawa Timur.

”Usulan ini adalah sebagai bentuk khidmat pada jasa-jasa yang sangat luar biasa dan kesetiaan beliau terhadap bangsa dan negara,” kata Ketua Tim Pengusul, Prof KH Kasuwi Saiban dalam pernyataan resminya di Malang, Senin, 23 April 2018.

Diketahui, berkas-berkas yang diserahkan antara lain rekomendasi dan hasil sidang TP2GD, riwayat hidup dan kronik perjuangan, biografi-hasil penelitian, seminar dan lampiran-lampiran, dokumen-dokumen dan buku pendukung, softcopy CD/DVD, serta foto resmi CPN.

Tags : KH Masjkur , Pahlawan Nasional , Kementerian Sosial

Berita Terkait