Cak Imin Ziarah Makam Ki Enthus Susmono di Tegal

| Jum'at, 01/06/2018 03:22 WIB
Cak Imin Ziarah Makam Ki Enthus Susmono di Tegal Cak Imin ziarah ke makam Ki Enthus Susmono (dok PKB)

TEGAL, RADARBANGSA.COM - Wakil Ketua MPR RI, Abdul Muhaimin Iskandar menziarahi makam mantan Bupati Tegal, Ki Enthus Susmono, Kamis 31 Mei 2018 malam.

Doa dan tahlil khusyuk dipanjatkan pria yang akrab disapa Cak Imin ini untuk mendiang Ki Enthus bersama sejumlah kader PKB dan juga Banser. Lantunan doa dan tahlil menggema di pusara makam seniman yang dikenal dalang edan itu.

Cak Imin nampak tak kuasa menahan haru mengenang jasa dan perjuangan Ki Enthus selama ini. Almarhum diketahui terpilih menjadi Bupati Tegal diusung oleh Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Dalam testimoninya, Cak Imin menilai sosok Ki Enthus bukan hanya budayawan dan seniman kenamaan, namun juga pemimpin yang bertanggungjawab dan layak diteladani.

Menurut Cak Imin, selain sebagai pemimpin, Ki Enthus adalah seorang dalang yang mampu memberikan tuntunan melalui tontonan, sekaligus berperan dalam membangun karakter bangsa.

Karakternya sebagai dalang kocak dan sangat memahami alur kisah pewayangan membuat Ki Enthus tampil sebagai seorang pemimpin yang penuh wibawa dan sangat dicintai masyarakat Tegal.

Selepas ziarah Cak Imin berbincang penuh kekeluargaan dengan istri dan anak Ki Enthus di pendopo keluarga. Mereka nampak saling menguatkan dan memberi support.

Selain itu, Cak Imin juga meminta anak-anak Ki Enthus meneruskan perjuangan sang ayah, baik di bidang budaya, ke-NU-an maupun ke-PKB-an.

Panglima Santri Nusantara ini juga mengingatkan anak muda agar mau meneruskan semangat ki Enthus. Menurutnya, menjaga tradisi merupakan tindakan yang sangat dinanti bangsa ini.

Ziarah tersebut digelar Cak Imin dalam rangkaian Safari Cinta Ramadan ke Jawa Barat dan Jawa Tengah. Usai ziarah, Cak Imin lalu silaturrahim dengan Nahdliyin di kantor PCNU Tegal.

Tags : Cak Imin , Ki Enthus Susmono , Tegal

Berita Terkait