Al-Quran Pedoman Berpikir Benar dan Bekerja Benar

| Senin, 11/06/2018 19:43 WIB
Al-Quran Pedoman Berpikir Benar dan Bekerja Benar Nur Faizin hadiri peringatan Nuzulul Quran di Madura (foto: Istimewa)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Al-Qur`an diturunkan bukan sekedar bacaan kitab suci, tapi juga hudan  atau petunjuk bagi seluruh umat manusia. Al-Qur`an adalah pedoman bagi kita untuk berfikir dengan benar dan bekerja dengan benar. Berfikir benar adalah bagaimana dalam berkehidupan kita bisa mempertimbangkan baik dan buruk. Sementara bekerja benar adalah melakukan hal-hal yang bermanfaat bagi kita semua dan menghindari hal-hal yang menimbulkan kewas-wasan dalam hidup manusia.

Hikmah turunnya Al-Qur`an di atas disampaikan Nur Faizin, Staf Menteri Tenaga Kerja RI, saat mengisi Peringatan Nuzulul Qur`an di Masjid Nurul Amin Al-Hidayah, Desa Bangreseh, Kecamatan Batumarmar, Pamekasan, Senin (11/6).

"Are samangken reng madhura tak bisa ngantos. Reng madhura kodhu bajhang ajhar, kodhu bajhang alako. Tape caepon benga seppo ban para keae, alakoa se bender, alakoa se halal. Mon banni andhi`na jha` kala`. Jalanna jalane, Lakona-lakone, kennenaganna kennengnge," tutur Faizin.

Alumnus Pascasarjana Sosiologi  UGM Yogyakarta ini menguraikan relevansi tuntunan Al-Qur`an berfikir benar dan bekerja benar. Al-Qur`an menekankan etos kerja tinggi. Wal `ashri, demi waktu. Kita harus berlomba dengan waktu. Memanfaatkan waktu sebaik-baiknya dengan kebaikan. Dengan saling mengingatkan. Demi waktu dan amal kebaikan inilah, kita juga dianjurkan fastabiqul khairat.

"Are samangken kaula sareng panjenenngan sadhaja odhi` e jaman se ampon tadha` batas. Oreng Malayasia bisa masok, oreng Inggris bisa masok, oreng dhari manca naghara ampon pada bisa masok. Manabi kaula sareng panjenengan tak andhik kamampuan, tak andhik kaahlian, maka kaula sareng padha penjenengan ghun perak dhaddi kabula. Tak bisa aponapa." jelasnya.

Faizin juga menuturkan pengalamannya membantu Pak Menteri Hanif Dhakiri mendampingi para TKI dan TKW ilegal di luar negeri. Faizin merasa sedih melihat para TKI dan TKW ilegal di luar negeri. Para TKI-TKW itu sering diburu, diancam oleh para majikan.

"Kaula seddih. Ate tak ridha ngoladhi tan-tareran kaula se badha e luar negeri se mangkat tak kalaban sorat-sorat sah. Badha se gajina tak ebajar, badha se ampo esake`e ban majikanna. Bapak-bapak sareng Ebu insya Allah ampon padha ngaonenge nasibbha taretan Zaini se eyokom e Arab. Pak Menteri Hanif ampon ajuang kadiponapa carana taretan Zaini bebas dhari okoman, tape tak bisa," cerita Faizin.

Karena itu, tambah Faizin, dirinya berharap, ke depan orang-orang Madura yang hendak bekerja di luar negeri memperhatikan aturan-aturan yang disepakati antara negara. Pertama, orang yang hendak bekerja ke luar negeri harus melengkapi surat-suratnya. Kedua, orang yang akan bekerja ke luar negeri harus memiliki kemampuan atau skill yang mumpuni.

"Manabi tan-taretan terro alakoa ka loar negeri, ngereng noro` pelatihan dhimin e BLK-BLK Kemnaker, akadhiya potrana Pak Zaini se noro` pelatihan e BLK Lembang dan Bekasi. Kaula siap abhanto, siap afasilitasi tan-taretan. Napa pole pelatihan-pelatihan ka`dhinto tak ngangghuy biaya alias gratis. Malar mogha pertemuan are samangken, dhaddhiya sambung taresnana kaula sareng padha panjenengan kaangghuy dhaddhi oreng se baghus, se andik pekkeran bandhar, alako bandhar akadhiya tuntunanna al-qur`an," pungkas Faizin

Tags : Alquran ,

Berita Terkait