Cak Imin Beri Penghargaan 18 Pejuang Kemanusiaan

| Rabu, 01/08/2018 07:29 WIB
Cak Imin Beri Penghargaan 18 Pejuang Kemanusiaan Dok Komite Nasional Penegak Konstitusi (KNPK)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Kata merdeka menjadi idaman setiap manusia di belahan bumi ini, tak terkecuali Indonesia. Kebebasan atas hak setiap insan akan menjadikan manusia layak untuk hidup damai dan tentram tanpa ancaman dan kekangan dari orang lain.

Meski negara yang menjadi tempat tinggalnya telah berstatus sebagai negara yang merdeka, tak sedikit orang-orang di luar sana yang belum merasa merdeka sepenuhnya. Beberapa diantaranya bahkan masih meraung perih lantaran diskriminasi hukum dan sosial yang mereka alami.

Bertahun-tahun yang lalu, isu kemanusiaan kerap menjadi perbincangan hangat. Gus Dur menjadi salah satu tokoh yang tak henti menyuarakan pentingnya kemanusiaan di atas segalanya. Berkat kegigihannya menyuarakan kemanusiaan, mereka yang terkekang pun bisa terbebas dari belenggu diskriminasi.

Gus Dur tampil menjadi tokoh pelopor artikulasi kemanusiaan yang menginspirasi banyak orang, sehingga meski telah tutup usia, sepak terjangnya tetap dikenang, termasuk oleh Abdul Muhaimin Iskandar atau akrab disapa Cak Imin.

Dalam banyak kesempatan, Cak Imin kerap menggaungkan bahwa nilai paling utama dari ideologi Pancasila adalah kemanusiaan. "Pancasila adalah rumusan nilai-nilai yang ujungnya adalah kemanusiaan. Indonesia kuat karena ilmu dan kemanusiaan,” kata Cak Imin.

Karena itu, sudah sepatutnya jika Cak Imin sebagai sosok penerus perjuangan Gus Dur berkaca serta memberi penghargaan setinggi-tingginya pada para pejuang kemanusiaan yang memiliki simpati dan berjuang bagi sesama.

Bertempat di Gedung Joeang, Jl Menteng Raya 41 Jakarta Pusat, Rabu 1 Agustus 2018, Cak Imin akan menyerahkan penghargaan kepada mereka yang gigih memperjuangkan kemanusiaan di Indonesia.

Berikut daftar pejuang kemanusiaan yang akan dianugerahi penghargaan oleh Cak Imin:

1. Adnan Buyung Nasution
2. Baharuddin Lopa
3. Munir
4. HJC Princen
5. Afnawi Noer
6. Marsinah
7. Harry Roesli
8. WS. Rendra
9. Wiji Tukul
10. Prof. Sayogyo
11. Prof. Gunawan Wiradi
12. Amir Daulai
13. Mukyana T Kusumah
14. Theys Eluai
15. Taufiq Kiemas
16. Ahmad Taufik
17. Prof. Mubyanto
18. Adi Sasono

Tags : Cak Imin , Kemanusiaan

Berita Terkait