Cak Imin: Inti Politik adalah Keteladanan

| Kamis, 19/07/2018 13:29 WIB
Cak Imin: Inti Politik adalah Keteladanan Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa, Abdul Muhaimin Iskandar (dok PKB)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Ketua Umum DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Abdul Muhaimin Iskandar mengingatkan peran penting politik dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Menurut Cak Imin, demikian Abdul Muhaimin Iskandar biasa disapa, yang paling penting dari seorang politisi dan pimpinan, mulai dari Presiden hingga Ketua RT, adalah keteladanan.

"Yang paling penting dari seorang politisi dan pimpinan, mulai dari Presiden hingga Ketua RT, adalah keteladanan. Bagaimana agar mereka (politisi dan pemimpin) tidak mudah menunjukkan egonya, tapi semangat kebersamaan harus kuat dijaga," kata Cak Imin saat mejadi narasumber dalam acara News Maker Ramadhan live di Metrotv, Kamis 8 Juni 2017.

Untuk mewujudkannya, lanjut Cak Imin, mereka harus bangun solidaritas atau ukhuwah wathoniyah dan ukhuwah basyariyah diantara yang dipimpin maupun sesama warganya dengan optimal.

Bagi Cak Imin, kepemimpinan yang sukses adalah kepemimpinan yang mampu melibatkan dan terlibat dalam proses kepemimpinan itu sendiri. Hal itulah yang juga Cak Imin tekankan kepada seluruh kader PKB agar mereka berpolitik tak hanya menginginkan jabatan dan kekuasaan saja.

"Kadang kita melupakan tujuan politik bukan jabatan dan kekuasaan, tujuannya adalah kemanfaatan untuk bangsa, sesama manusia, dan dunia," tegas Cak Imin.

Panglima Santri Nusantara ini menambahkan, cara pandang masyarakat terhadap politik selama ini perlu diluruskan. Menurutnya terdapat kesalahan pandang masyarakat terhadap partai politik dan pelaku politik.

"Kalau mau dilihat politik hanyalah tindak lanjut dari proses sosial, budaya, dan pendidikan, seperti saya dulu pernah aktif di dunia santri, akademik, jurnalistik. Itu semua adalah proses budaya sosial yang harus ditindaklanjuti secara politik," kata Cak Imin.

"Jadi mau tidak mau konsekuensi logis dari kehidupan akhirnya ke politik juga, disitulah kita mengisi, berinisiatif, berperan, sehingga politisi dan politik jangan dipisah-pisahkan satu sama lain, semua menjadi satu," tukas Cak Imin.

Tags : Cak Imin , Teladan , Pemimpin

Berita Terkait