Mengenal Arinal Djunaidi, Anak Petani yang Cerdas dan Ulet

| Rabu, 20/12/2017 15:44 WIB
Mengenal Arinal Djunaidi, Anak Petani yang Cerdas dan Ulet Calon Gubernur Lampung Arinal Djunaidi (Foto: harianpilarcom)

ARINAL DJUNAIDI, sosok yang sudah tak asing bagi warga Lampung dan sekitarnya. Sejak kecil, Arinal memang dikenal sebagai sosok yang ulet dan cerdas. Cita-citanya pun tak main-main, ia ingin menjadi seorang pemimpin bangsa di masa mendatang. Penyandang gelar kebangsawanan Sutan Dalom Pemuka Marga ini memohon restu sang ayah untuk menimba ilmu dan mengabdi untuk bangsa.

Arinal tak mau bersaing dengan sanak-saudara berebut jabatan tertinggi dikampungnya. Dia ingin berbuat lebih tak hanya untuk masyarakat kampungnya tapi juga masyarakat Provinsi Lampung. Sang ayah angkat tangan dengan tekad bulat dan akhirnya berupaya keras agar sang putra dapat meraih cita-citanya.

Anak petani itu akhirnya melanjutkan sekolah menengahnya di Bandarlampung. Setelah itu, Arinal melanjutkan pendidikan di Sekolah Pertanian Menengah Atas (SPMA). Tamat sekolah, sang bocah yang telah tumbuh menjadi remaja melihat ada kesempatan untuk jadi sarjana. Dia memilih masuk Fakultas Pertanian, Universitas Lampung.

Dengan mengantongi gelar insinyur pertanian, Arinal mendaftarkan diri sebagai pegawai negeri dan menitinya dengan sabar dari tangga karir paling bawah sampai akhirnya menjadi kepala dinas. Dia juga mengaku bersyukur sempat merasakan bagaimana sulitnya kehidupan keluarganya sebagai petani.

Tahap demi tahap, karir birokrasi ditekuninya sampai satu titik, dia diajak Tamanuri "mulang tiuh" menjadi wakil bupati di Kabupaten Waykanan. Tapi, kala itu, Sjachroedin ZP tak setuju. Dia ingin Arinal Djunadi menjadi sekdanya.

Sebagai abdi negara, Arinal patuh pada pimpinan tertingginya. Arinal bersyukur dipercaya dari 2000-an PNS menjabat jabatan tertinggi birokrasi. Kursi Sekdaprov Lampung dilanjutkannya di era Ridho Ficardo, gubernur saat ini, sampai purnatugas.

Setelah pensiun, Arinal menjajaki keberuntungannya di politik. DPP Partai Golkar mengapresiasi kerja keras politik Arinal Djunaidi sebagai ketua DPD I Golkar Lampung dalam upaya membesarkan partai menghadapi Pilkada 2018, Pileg dan Pilpres 2019.

Ketika ia dimanahi jabatan inilah, Arinal langsung melakukan konsolidasi partai dan aksi-aksi sosial kemasyarakatan. Saat terjadi banjir di Lampung, dia menggerakan partainya membantu korban banjir. Arinal juga telah berpesan kepada wakil rakyat dari partainya untuk memosisikan diri bersama rakyat.

Dengan selogan "Arinal Tulus Melayani Rakyat", suami Rianasari asal Lampung Barat-Jogjakarta itu memohon doa restu masyarakat Lampung untuk menjadi Gubernur Lampung. Bapak empat anak itu juga telah didukung sebagian besar kadernya dan sejumlah partai lain, seperti Partai kebangkitan Bangsa (PKB).

Arinal mengaku prihatin dengan kondisi pertanian, perkebunan, dan perikanan di Lampung. " Harus ada sistem dan industrialisasi untuk pemberdayaan sektor yang menjadi hajat mayoritas masyarakat Lampung," katanya.

Dengan menjadi gubernur, Arinal optimis dan akan berusaha sekuat tenaga untuk berbuat lebih banyak lagi untuk masyarakat Lampung lewat kebijakan-kebijakan yang prorakyat. "Apalagi yang saya inginkan, tak ada lagi yang ingin dikejar, kecuali bagaimana mencurahkan ilmu dan pengalaman selama untuk masyarakat," katanya.

Arinal banyak menawarkan solusi mengatasi banyak masalah di Lampung. Di beberapa daerah, dia sempat mengungkapkan visi dan sedikit visinya. Arinal akan memaparkannya pada debat cagub nanti. Yang penting, baginya, masyarakat mendukung upayanya yang tulus melayani rakyat.

 

Pengalaman Pekerjaan:

  1. 1986 – 1990 Kepala Administrasi Penyuluhan Dinas Pertanian Kota Madya Bandar Lampung
  2. 1990 – 1994 Kepala Administrasi Penyuluhan Dinas Pertanian Tanaman Pangan Provinsi Lampung
  3. 1994 – 1999 Kepala Administrasi Pengembangan Agribisnis Dinas Pertaninan Tanaman Provinsi Lampung
  4. 1994 – 2001 Kepala Dinas Pertaninan Tanaman Pangan dan Hortikultura Kota Metro
  5. 2005 – 2010 Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Lampung
  6. 2010 – 2011 Asisten Pembangunan Sekretaris Daerah Provinsi Lampung
  7. 2011 – 2012 Asisten Kesejahteraan Sekretaris Daerah Provinsi Lampung
  8. 2012 – 2013 Asisten Pemerintahan Sekretaris Daerah Provinsi Lampung
  9. 2013 – 2014 Asisten Pembangunan Sekretaris Daerah Provinsi Lampung
  10. 2014 – 2016 Sekretaris Daerah Provinsi Lampung

 

Pengalaman Organisasi:

  1. Ketua Umum Senat Mahasiswa Fakultas Pertanian Unila (1978-1980)
  2. Pengurus Dewan Mahasiswa Fakultas Pertaninan Unila (1978-1980)
  3. Ketua Umum Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Lampung (1981-1982)
  4. Wakil Ketua HIPMI Lampung (1982-1984)
  5. Komisaris GAPENSI Lampung (1983-1985)
  6. Wakil Ketua KNPI Lampung (1985-1988, 1988-1991)
  7. Sekretaris Umum Persatuan Insinyur Indonesia Lampung (1992-1995, 1995-2015)
  8. Ketua DPD Golkar Provinsi Lampung (2017-Sekarang)
Tags : Arinal Djunaidi , Pilgub Lampung

Berita Terkait