Banser Bali Jaga Perayaan Nyepi di Bali Bersama Pecalang

| Sabtu, 17/03/2018 17:25 WIB
Banser Bali Jaga Perayaan Nyepi di Bali Bersama Pecalang Banser Provinsi Bali turut menjaga keamanan perayaan Nyepi bersama Pecalang yang telah berlangsung sejak dulu. (Foto: NUOnline)

DENPASAR, RADARBANGSA.COM - Barisan Ansor Serbaguna (Banser) Provinsi Bali menerjunkan anggotanya untuk membantu Pecalang dalam pengamanan rangkaian perayaan Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1940. Pengamanan tersebut dilakukan bersama-sama dengan Pecalang sejak Jum`at, 16 Maret 2018 hingga Minggu, 18 Maret 2018 di seluruh wilayah Bali.

Ketua Pimpinan Wilayah GP Ansor Provinsi Bali, Amron Sudarmanto mengatakan, kerjasama ini sudah menjadi kegiatan rutin saat hari raya agama Hindu maupun Islam. Dia juga sangat mengapresiasi semangat sahabat-sahabat Banser yang terlibat dalam pengamanan perayaan Nyepi ini.

"Keterlibatan Banser ini sudah bisa membawa nama baik Islam yang ramah di mata agama lain," tegasnya seperti dikutip nu.or.id.

Di Bali, lanjut Amron, keharmonisan hubungan antara umat Islam dan Hindu sudah berlangsung sejak ratusan tahun yang lalu. "Sehingga kenapa di Bali tidak pernah terjadi konflik berlatar agama, karena kita sudah lama bersama, saling menghormati dan saling memahami, wajar jika sampai hari ini kita rukun," tandasnya.

Amron pun menegaskan bahwa suasana kondusif ini harus terus dipertahankan oleh generasi penerus, terlebih oleh GP Ansor dan Banser.

"Banser memiliki tanggungjawab moril untuk ini," ujar Amron.

Sebagaimana diketahui, pada perayaan Nyepi tahun ini, mulai Sabtu, 17 Maret 2018 pukul 06.00 WITA, segala aktifitas di Pulau Bali berhenti, termasuk transportasi darat, laut dan udara. Pada saat itu masyarakatpun tidak diperkenankan beraktifitas di luar rumah hingga kondisi ini kembali normal pada Minggu, 18 Maret Pukul 06.00 WITA.

Tags : Hari Raya Nyepi , Banser , GP Ansor , Pecalang

Berita Terkait