Jazilul Fawaid: MKK Bukti PKB Tetap Bersama Pesantren dan Santri

| Kamis, 29/11/2018 13:51 WIB
Jazilul Fawaid: MKK Bukti PKB Tetap Bersama Pesantren dan Santri Ketua Panitia Festival Hari Santri 2018, Jazilul Fawaid (dok radarbangsa)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Rangkaian perayaan Hari Santri Nasional (HSN) masih digelar oleh Partai Kebangkitan Bangsa. Sejumlah kegiatan pun digelar sejak 22 Oktober 2018 yang lalu hingga saat ini, termasuk Festival Hari Santri.

Sebagai partai yang lahir dan didirikan oleh para Kiai, PKB meneguhkan komitmennya untuk peduli pada pesantren dan santri, salah satunya diwujudkan dengan menggelar Musabaqoh Kitab Kuning (MKK).

Ketua Panitia Festival Hari Santri, Jazilul Fawaid berujar, MKK digelar sebagai bagian dari rangkaian dari HSN yang diikuti oleh ribuan santri di seluruh Indonesia. Puncaknya adalah Grand Final yang akan dimulai pada hari ini hingga esok.

“Kita sudah melakukan seleksi di seluruh Indonesia, hari ini adalah Grand Final dari Musabaqoh Kitab Kuning,” kata Jazil di kantor DPP PKB, Jl Raden Saleh No. 9, Jakarta Pusat, Kamis 29 November 2018.

Menurut Jazil, ada empat kitab yang diperlombakan dari berbagai skala umur, yaitu Imrithi dan Fathul Qorib untuk tingkat Ula, dan Ihya Ulumiddin dan Alfiyah Ibnu Malik untuk tingkat Ulya.

“Nah ini adalah rangkaian dari perayaan HSN, dan PKB memiliki tanggung jawab untuk tetap mentradisikan kemampuan santri membaca kitab, memberikan apresiasi kepada santri,” ujar Jazil.

Ketua Fraksi PKB MPR RI ini menambahkan, PKB sengaja menggelar MKK lantaran partai yang dinahkodai Abdul Muhaimin Iskandar ini adalah habitat para santri. Menurut Jazil, sekitar 80 persen politisi di PKB adalah santri.

“Musabaqoh Kitab Kuning ini adalah tanda bahwa PKB masih menjaga tradisi, bukti PKB tetap bersama pesantren dan para santri, dan PKB menjaga nilai-nilai luhur yang ada dalam Kitab Kuning,” tukas Jazil.

Setelah Grand Final MKK, besok Jumat 30 November 2018 akan digelar penutupan acara sekaligus dirangkai dengan pengumuman para pemenang Lomba Cerpen dan Video Santri. Selain itu juga akan diumumkan finalis terbaik MKK 2018 untuk Juara 1, 2, dan 3 nasional.  

Tags : Jazilul Fawaid , Musabaqoh Kitab Kuning , PKB

Berita Terkait