Gus Ulil: Kiyai Sahal Penggagas Sekaligus Eksekutor Fiqih Sosial

| Selasa, 15/01/2019 18:59 WIB
Gus Ulil: Kiyai Sahal Penggagas Sekaligus Eksekutor Fiqih Sosial KH Sahal Mahfudh (foto: nu.or.id)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Ulil Absor Abdalla (Gus Ulil) mengatakan, KH Sahal Mahfudh merupakan sosok ulama fiqih yang tidak hanya pandai berteori saja, tetapi sangat gigih mempraktekan segala ilmunya, seperti mendirikan rumah sakit dan Bank Perkreditan Rakyat.

“Kiai Sahal ini keren sekali. Beliau mendirikan Rumah Sakit Islam (RSI) di Pati. Setelah itu, beliau mendirikan Bank Perkreditan Rakyat (BPR),” kata Gus Ulil, seperti dilansir nu.or.id, Selasa 15 Januari 2019.

Menurut menantu Gus Mus itu, Kiai Sahal melakukan itu karena memiliki paradigma bahwa umat Islam tidak bisa produktif kalau tidak sehat dan tidak punya akses kepada modal.

“Jadi umat Islam maju kalau secara fisik mereka tidak sehat dan secara ekonomi tidak punya akses kepada sumber pembiayaan untuk usaha. Jawabannya harus ada solusi yang konkret,” jelasnya.
 
Bahkan, lanjut Gus Ulil, BPR yang didirikan Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat 2000-2014 itu bukan BPR Syariah. “Bank perkreditan rakyat pertama yang didirikan Kiai Sahal bukan BPR Syari’ah yakni bank biasa pada umumnya.” kata Gus Ulil.
Tags : Kiai Sahal Mahfudh ,

Berita Terkait