Salman Amrillah Juara 1 MTQ Internasional 2019, PKB: Selamat dan Sukses

| Selasa, 16/04/2019 07:23 WIB
Salman Amrillah Juara 1 MTQ Internasional 2019, PKB: Selamat dan Sukses Flayer ucapan selamat dari Ketua Fraksi PKB DPR RI, Cucun A Syamsurijal untuk Juara 1 MTQ Internasional Salman Amrillah (dok FB Cucun Center)

TEHERAN, RADARBANGSA.COM - Qari dari Indonesia Ustad Amrillah merebut juara pertama pada kategori qari dewasa dalam ajang Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Internasional ke-36 yang berlangsung di Mushalla Agung Imam Khomaini, Teheran, Iran.

Pada MTQ yang berlangsung di ibu kota negara republik Islam Iran, Minggu 14 April 2019, qari bernafas panjang asal Bandung, Jawa Barat tersebut berada di urutan pertama di antara lima nama peserta dari pelbagai negara yang diumumkan sebagai para juara di bidang qira’at.

“Selamat dan sukses kepada Salman Amrillah, juara 1 MTQ tingkat internasional di Teheran, Iran,” ujar Ketua Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Cucun A Syamsurijal.

Salman mampu menyisihkan qori’-qori’ internasional lainnya melalui lantunan ayat suci bernada Hijaz Qoror. Mereka adalah:

  1. Salman Amrillah, Indonesia.
  2. Mehdi Gholamnejad, Republik Islam Iran.
  3. Mohammad Ridha Salman, Irak.
  4. Ahmad Samir Abdul Aziz Abdul Ghani, Mesir.
  5. Wan Ainuddin Hilmi, Malaysia.

MTQ internasional yang diselenggarakan oleh pemerintah Iran pada 10-14 April 2019 ini melibatkan peserta dari 37 negara untuk di berbagai bidang Alquran.

MTQ menjadi agenda rutin Pemerintah Republik Islam Iran yang dibawahi oleh Darul Quran Republik Islam Iran.

Indonesia diwakili oleh Ummu Habibah Rochim (28) dari Provinsi Jawa Timur, Salman Amrillah (31) dari provinsi Jawa Barat, Muhammad Rifqi Hawari (13) dari Kepulauan Riau, Muhammad Khaerrurozzaq (17) dari Provinsi Nusa Tenggara Barat dan Sidiq Mulyana dari Provinsi Jawa Barat.

Dalam wawancarannya dengan media Iran setempat yang diterjemahkan oleh Firmansyah al-Jibran, Muhammad Rifqi Hawari menuturkan rasa bangganya telah menjadi delegasi Indonesia dalam MTQ Internasional tersebut.

Tags : PKB , MTQ , Salman Amrillah