Gus Miftah Ungkap Alasan Deddy Corbuzier Memeluk Islam

| Jum'at, 21/06/2019 19:11 WIB
Gus Miftah Ungkap Alasan Deddy Corbuzier Memeluk Islam Gus Miftah membimbing Deddy Corbuzier mengucapkan dua kalimat syahadat di Ponpes Ora Aji, Sleman, Yogyakarta, Jumat (21/6). (Foto: twitter)

YOGYAKARTA, RADARBANGSA.COM - Pemandangan tak biasa terlihat di Masjid Al-Mbejaji Pondok Pesantren Ora Aji Sleman, Yogyakarta Asuhan KH Miftah Maulana Habiburrahman atau Gus Miftah. Usai shalat Jumat, 21 Juni 2019, masjid tersebut ramai didatangi jamaah dan tokoh masyarakat termasuk Kapolda DIY karena ada prosesi Deddy Corbuzier menjadi mualaf.

Gus Miftah mengonfirmasi bahwa Deddy Corbuzier telah mendalami agama Islam sekitar delapan bulan terakhir di bawah bimbingannya. Namun ditegaskan oleh kiai yang kerap berdakwah di tempat-tempat kaum marjinal ini, Deddy memutuskan memeluk Islam tanpa ada paksaan apa pun dan dari siapa pun.

“Beliau (masuk Islam) tidak karena apa pun, tapi karena hidayah,” tegas Gus Miftah, usai menuntun Deddy membaca dua kalimat syahadat, Jumat, 21 Juni 2019.

Menurut Gus Miftah yang akan menuntun Deddy Corbuzier saat mengucap dua kalimat syahadat sebagai ikrar mualaf itu, alasan masuk Islam karena ia merasa mendapat hidayah. “Dia bilang, ini hidayah saya hari ini,” kata dia menirukan ucapan Deddy Corbuzier.

Gus Miftah menjelaskan, waktu delapan bulan belajar Islam itu memberikan pemahaman baru bagi ayah satu anak ini. Selama berkolaborasi membuat konten Islam dengan isu-isu kekinian, Deddy Corbuzier melihat pandangan Islam Gus Miftah itu rasional, ramah, menyenangkan, dan bukan radikal seperti yang selama ini ia lihat.

Keputusan Deddy masuk Islam ini diambil setelah melalui proses yang panjang. Gus Miftah mengungkap hal yang membuat Deddy Corbuzier mantap menjadi mualaf.

Rasa yakin itu datang setelah Gus Miftah memaparkan tentang seperti apa wajah Islam. Penjelasan tersebut bisa diterima Deddy Corbuzier dan dianggap sangat rasional.

"Karena saya kan bilang Islam itu wajahnya seperti apa tergantung pintu masuknya di apa. Kalau pintu masuknya itu keras ya Islam akan jadi Islam yang keras," imbuh Gus Miftah kepada Deddy seperti dilansir dari laman nu.or.id.

Kalau pintu masuknya Islam yang marah-marah, sambungnya, jadinya Islam yang marah-marah. Tapi sebaliknya kalau pintu masuknya Islam yang ramah jadinya yang ramah.

"Saya kerap berbincang dengan dia dan menyampaikan agama yang masuk ke dalam logikanya, dengan menggunakan pendekatan yang rasional," jelas Gus Miftah.

Hingga akhirnya pintu hati Deddy Corbuzier pun terbuka dan menurut Gus Miftah, mantan suami Kalina Oktarani ini mantap menjadi mualaf.

"Alhamdulillah ada jalan hidayah," pungkas kiai berambut gondrong ini.

Tags : Deddy Corbuzier , Gus Miftah , Mualaf

Berita Terkait