Silaturrahim Nahdiyyin se Dunia Hasilkan `Deklarasi Makkah`, Berikut Isinya

| Kamis, 08/08/2019 15:38 WIB
Silaturrahim Nahdiyyin se Dunia Hasilkan `Deklarasi Makkah`, Berikut Isinya Suasana Silaturahim NU se Dunia ke 18 di Mekah (dok Twitter @KemenagRI)

MEKAH, RADARBANGSA.COM - Silaturrahim warga Nahdliyyin se dunia ke-18 di Altayseer Towers Hotel No. 1002 Lantai PR At-Taysir, Mekah Al Mukarramah pada Kamis 8 Agustus 2019 menghasilkan sebuah deklarasi.

Salah satu point penting yang termaktub dalam deklarasi tersebut adalah komitmen NU mengawal dan melestarikan Pancasila di Indonesia.

Selain itu, deklarasi ini juga meneguhkan semangat Ukhuwah Islamiyah, Ukhuwah Wathaniyah maupun Ukhuwah Basyariyah demi terciptanya perdamaian dan persatuan bangsa.

Berikut redaksi kutip teks lengkap deklarasi yang diberi nama Deklarasi Makkah:

DEKLARASI MAKKAH

Dengan mengharap ridha Allah SWT serta dengan selalu bertawakkal kepada-Nya, bertempat di Tanah Suci Makkah al-Mukarramah serta di waktu yang sacral menjelang Wukuf di Padang Arafah, kami warga Nahdliyyin seluruh Dunia berikrar:

  1. Berpegang teguh pada ajaran Islam Ahlussunah wal Jamaah an-Nahdliyyah baik secara fikrah dan amaliyah mapun secara manhajiyah dan harakah.
  2. Mempererat tali ukhuwah Islamiyah, Ukhuwah Wathaniyah maupun Ukhuwah Basyariyah sesuai dengan misi Islam Rahmatan Lil ‘Alamin.
  3. Siap mempertahankan empat pilar Negara Indonesia, Pancasila, Bhineka Tunggal Ika, NKRI dan UUD 45. Oleh karena itu berbagai upaya untuk merongrong dasar dan falsafah Negara harus ditolak.
  4. Menumbuhkan sikap toleransi dan moderasi dalam semua aspek kehidupan, serta menolak berbagai bentuk kekerasan, intoleransi dan diskriminasi.
  5. Mendukung terciptanya perdamaian dunia berdasarkan asas keadilan dan kemanusiaan.

Mudah-mudahan Allah SWT meridhai bangsa dan Negara Indonesia menuju baldatul thayyibatun warabbun ghafur, Amiin

Makkah al Mukarramah, 7 Dzulhijjah 1440 H / 8 Agustus 2019 M

Tags : Nahdlatul Ulama , Deklarasi Makkah , PBNU

Berita Terkait