Kiai Said Sebut `Hubbul Wathan Minal Iman` Inspirasi Islam Nusantara

| Jum'at, 23/08/2019 21:11 WIB
Kiai Said Sebut `Hubbul Wathan Minal Iman` Inspirasi Islam Nusantara KH Said Aqil Siradj (Ketua Umum PBNU). (Foto: NU Online)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), KH Said Aqil Siroj menjelaskan perihal perintah Allah kepada Rasulullah agar membentuk organisasi bernama umat. Menurutnya, di dalam Al-Qur’an hanya dijumpai istilah ummatan wasathan. Tidak ada terminologi umat Islam atau umat Arab.

“Itu karena Al Qur’an menekankan kualitas, substansi, peran bukan legal formal, bukan label, bukan papan plang nama. Yang penting kualitas, peran, kapasitas dan kapabilitas. Itulah yang ditekankan Al-Qur’an,” kata Kiai Said dilansir dari laman nu.or.id, Jumat, 23 Agustus 2019.

Kiai Said yang juga Pengasuh Pesantren al-Tsaqafah ini meyakini jika umat Islam memegang teguh prinsip tawasuth (moderasi) dan tasamuh (toleransi), mereka akan bertahan hingga hari akhir. Sebaliknya jika tidak memiliki kedua prinsip tersebut, maka akan hilang dalam waktu yang tak lama.

“Percayalah yang tidak punya prinsip tawasuth dan tasamuh, kalau toh sekarang kelihatan garang menguasai medsos (media sosial) yakin beberapa tahun lagi akan hilang,” tegasnya.

Baca Juga: Ketum PBNU KH Said Aqil Siraj: Kader NU Harus Unggul di Segala Bidang

Tawasuth, lanjut Kiai Said, tidak mungkin terwujud tanpa didasari dengan kecerdasan intelektual. Oleh karena itu tokoh-tokoh seperti Imam Syafii, Abu Hasan al-Asyari, Imam al-Ghazali hingga Hadratussyekh Hasyim Asyari memiliki jasa besar dalam mengembangkan prinsip tawasuth dan tasamuh.

“Puncaknya wasathiyah, wasathiyah fi siyasah yaitu Hadratussyekh KH Hasyim Asyari yang cerdas, genius menggabungkan antara iman dan nasionalisme,” terang Kiai Said.

Jargon Hubbul wathan minal iman yang dikeluarkan Hadratussyekh inilah yang kemudian menjadi inspirasi berharga bagi lahirnya konsep Islam Nusantara, yakni Islam yang harmonis dengan budaya.

“Islam yang kita bangun di atas fondasi budaya, infrastruktur budaya maka budaya akan menjadi lestari, Islamnya pun menjadi kuat yang tidak mungkin mudah luntur atau mudah bergeser karena sudah menyatu dengan budaya,” pungkasnya. 

Tags : Hubbul Wathan Minal Iman , Islam Nusantara , KH said Aqil Siradj

Berita Terkait