Miliki Aroma Khas, Kopi Solok Radjo Tembus Pasar Amerika Serikat

| Selasa, 13/02/2018 19:10 WIB
Miliki Aroma Khas, Kopi Solok Radjo Tembus Pasar Amerika Serikat Stand Kopi Solok Radjo saat mengikuti Pameran Hari Pangan se-dunia. (Foto: twitter)

SOLOK, RADARBANGSA.COM - Kreatifitas anak bangsa terus berkembang bahkan sampai mendunia. Kopi, salah satu hasil pertanian di Indonesia yang diminati oleh masyarakat dunia.

Kopi Solok Radjo yang memiliki kualitas mumpuni juga telah mulai menembus pasar Amerika Serikat. Hal itu diakui oeh Kepala dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil dan menengah (UMKM) Sumatera Barat, Zirma Yusri.

"Tahun ini Kopi jenis Arabika itu akan mulai diekspor ke Amerika Serikat. Pasarnya sudah mulai terbentuk," kata Zirma di Padang, seperti dikutip antaranews.com, Selasa, 13 Februari 2018.

Awalnya, pengembangan komoditas unggulan ini diinisiasi oleh pemilik kopi seorang pemuda di Solok, Alfridiansyah. Langkahnya dengan membentuk koperasi yang telah diikuti oleh ratusan petani kopi lokal lebih memudahkan pengelolaan produknya sejak 2014 silam.

Zirma menjelaskan, Kopi Solok Radjo memiliki aroma dan rasa yang khas. Dimana ada rasa asam yang segar dan terselip rasa manis.

Pasar untuk produk Kopi ini mulai terbentuk sejak mengikuti pameran kopi di beberapa negara untuk memperkenalkan kopi Solok Radjo ke dunia Internasional.

Selain itu, dengan aroma yang khas tersebut, Kopi Solok Radjo ini tidak hanya dicintai penikmat kopi di Sumbar, tapi juga di Indonesia dan masyarakat dunia. 

Tags : Kopi Solok Radjo , Ekspor , Amerika Serikat

Berita Terkait