Tak Hanya Tembakau, 4 Makanan Ini Mengandung Nikotin

| Kamis, 15/02/2018 07:47 WIB
Tak Hanya Tembakau, 4 Makanan Ini Mengandung Nikotin Pohon tembakau (foto nusabalicom)

RADARBANGSA.COM - Nikotin di dalam rokok menyimpan bahaya yang luar biasa bagi kesehatan tubuh. Kandungan nikotin ini ditemukan di dalam tembakau, bahan utama dari rokok. Di dalam 100 gram tembakau, 0,5 hingga 3,5 persennya adalah nikotin.

Tahukah Anda ternyata bukan hanya tembakau yang mengandung nikotin. Beberapa makanan yang biasa kita konsumsi ternyata juga memiliki kandungan nikotin lho.

Dilansir dari Dokter Sehat, berikut adalah diantaranya:

1. Kembang Kol
Memiliki rasa yang enak dan tekstur lembut, tak disangka, di setiap kembang kol terdapat 3,8 gram nikotin.

2. Terong
Terong yang sangat nikmat untuk dijadikan sambal, sayur, dan lain sebagainya ini ternyata memiliki 10 gram nikotin di dalam setiap kandungannya.

3. Kentang
Di dalam sebuh penelitian, kentang berjenis “pulp” ternyata memiliki kandungan 15,3 gram nikotin di setiap butirnya. Bahkan, di dalam kulit kentangnya saja kita sudah bisa menemukan 4,8 gram nikotin.

4. Tomat
Kerap dianggap sebagai makanan sehat, tomat yang kerap dijadikan jus atau campuran sayuran ini memiliki kandungan nikotin yang cukup tinggi. Tomat mengandung 42,8 gram nikotin di setiap butirnya.

Hanya saja, semakin matang tomat, semakin menurun jumlah nikotinnya, yakni sekitar 4,1 gram saja.

Meskipun memiliki nikotin, pakar kesehatan menyebutkan bahwa kandungan ini tidak akan memberikan dampak buruk bagi kesehatan tubuh. Karena itu kita tidak perlu khawatir untuk mengkonsumsi makanan-makanan sehat tersebut.

Tags : Info Pagi , Sehat

Berita Terkait